Bentuk Jurnalisme Warga dalam Pemberitaan di Media Online
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrjmd.v4i1.3462Keywords:
Jurnalisme Warga, Media Online, Gatekeeping, beritaAbstract
Abstrak. Salah satu fenomena yang berkaitan dengan proses penyebaran informasi adalah maraknya aktivitas menyebarkan informasi yang sering disebut dengan citizen journalism (jurnalisme warga). Sebuah aktivitas yang muncul karena perkembangan internet. Maka dalam artikel ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana konsep citizen journalism telah berkembang pesat dan telah masuk dalam redaksi media massa sebagai sebuah keunggulan dalam pelibatan masyarakat dan kecepatan informasi. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi kasus. Peneliti menggunakan riset kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik ini digunakan dalam studi untuk mendapatkan jawaban terbaik dari pertanyaan masalah. Dalam studi ini, berikut subjek yang menjadi sumber informasi tentang hal-hal yang ingin diketahui peneliti yakni manajer online, editor online dan pengguna jurnalisme warga. Tujuan studi ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk Citizen Journalism pada media online Tribun Jabar dan untuk mengetahui proses gatekeeping berita pada media online Tribun Jabar. Dalam studi ini, berikut subjek atau informan yang menjadi sumber informasi tentang hal-hal yang ingin diketahui peneliti: Redaktur pelaksana, Koordinator lapangan, Editor online dan jurnalisme warga. Analisis data dilakukan berdasarkan bentuk citizen journalism dan gatekeeping pemberitaan. Hasil pada studi ini menemukan bahwa kehadiran citizen journalism di Tribun Jabar memberikan kontribusi pada keragaman dan kedalaman liputan berita. Tribun Jabar juga mendapatkan berita yang tidak terjangkau oleh wartawan, khususnya dalam liputan di daerah yang sulit dijangkau oleh tim redaksi.
Abstract. One of the phenomenon related to the process of disseminating information is the rise in information dissemination activities which is often called citizen journalism. An activity that emerged due to the development of the internet. So this article aims to describe how the concept of citizen journalism has developed rapidly and has entered mass media editorials as an advantage in community involvement and speed of information. This study uses a qualitative approach based on case studies. Researchers use qualitative research using interview, observation and documentation techniques. In this study, the following subjects are sources of information about things the researcher wants to know, namely online managers, online editors and citizen journalism users. The aim of this study is to find out what Citizen Journalism looks like in the online media Tribun Jabar and to find out the news gatekeeping process in the online media Tribun Jabar. In this study, the following subjects or informants were sources of information about things the researcher wanted to know: Managing editor, field coordinator, online editor and citizen journalism. Data analysis was carried out based on the form of citizen journalism and news gatekeeping. The results of this study found that the presence of citizen journalism in the West Java Tribune contributed to the diversity and depth of news coverage. The West Java Tribune also gets news that is not reached by journalists, especially in coverage in areas that are difficult for the editorial team to reach.
References
Andhiya, S., Shaleh, K., & Natsir, M. A. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Dakwah dalam Pemasaran Produk
Busana Muslimah Guna Meraih Keberkahan pada Brand Jamise Syar’i. Journal Perspectives in
Communication, 1(1), 35–41. https://journal.sbpublisher.com/index.php/person
Cahyani, N. M., & Wiksana, W. A. (2023). Makna Tanda Kerja Keras pada Iklan Layanan Masyarakat. Journal
Perspectives in Communication, 1(1), 1–11. https://journal.sbpublisher.com/index.php/person
Faiq Muhammad Fauzan et al. Bentuk Jurnalisme Warga dalam Pemberitaan di Media Online
/8 Volume 4, No. 1, Juli 2024
Haryani L.A, N., Dilla, S., & Sirajuddin. (2016). Trand Citizen Journalism dalam Pemberitaan Politik pada
Media Online Sultrakini.Com. 1(3).
Mufidah, T., & Ahmadi, D. (2023). Hubungan antara Iklim Komunikasi Organisasi dengan Motivasi Kerja Karyawan.
Journal Perspectives in Communication, 1(1), 19–27. https://journal.sbpublisher.com/index.php/person
Pangestu, R. F. F. (2023). Peran Fotografi Jurnalistik pada Era Digital. Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media
Digital, 3(2), 63–68. https://doi.org/10.29313/jrjmd.v3i2.2229
Romli, A. S. (2012). Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online (Vol. 1). Nuansa Cendikia.
Setiati, E. (2005). Ragam Jurnalistik Baru Dalam Pemberitaan. CV Andi Offest.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Afabeta.
Syifa, S., & Setiawan, E. (2023). Pengaruh Promosi Produk Halal terhadap Minat Beli Konsumen. Journal
Perspectives in Communication, 1(1), 12–18. https://journal.sbpublisher.com/index.php/person
Yusuf, M. F., & Sobur, A. (2023). Representasi Perjuangan Ras Kulit Hitam untuk Melawan Rasialisme dalam
Film “Summer of Soul.” Journal Perspectives in Communication, 1(1), 28–34.