https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Efektivitas Komunikasi Nonverbal Bahasa Isyarat dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Siswa SLB Cicendo Bandung

Authors

  • Dian Anggraeni Sujati Jurnalistik, Universitas Islam Bandung
  • Tia Muthiah Umar Jurnalistik, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrjmd.v1i1.311

Keywords:

Bahasaya Isyarat, Komunikasi Nonverbal, Efektivitas Komunikasi

Abstract

Abstract. Nonverbal communication is a symbol used in communication, which is not language but a sign with members of the body, including the head, eyes, lips, hands and fingers. Sign language is usually a combination of form, orientation and gestures of hands, arms, body and facial expressions to express the contents of the mind, therefore sign language is one of the languages needed by persons with hearing impairements to be able to understand and receive messages.  Sign language is influenced by the person’s cultural background and habits. Sign language is a language whose function is very important fot the deaf in accessing information, so that communication can run effectively if the information conveyed can be understood for deaf students.  The effectiveness of communication can be said to be effective if the message delivered by the communicator can produce effects of changes. As for the theory used, the SOR theory (stimulus, organism, response) SOR theory as an abbreviation of Stimulus-Organism-Response was originally derived from pshychology that includes components such as attitudes , opinion, behavior, cognition and conation. This research uses quantitative research methods with a descriptive approach. Using data collectiontehniques in the form of questionnaries and interviews, the population in this study were students of SMA Negeri SLB Cicendo Bandung. Sampling using saturated sampling technique. The results of the study were declaredeffective by fulfilling information needs using sign language interpreters.

Abstrak. Komunikasi nonverbal adalah lambang yang dipergunakan dalam komunikasi, yang bukan bahasa melainkan selain darinya seperti melainkan isyarat dengan anggota tubuh, antara lain kepala, mata, bibir, tangan, dan jari. Bahasa isyarat biasanya pengkombinasian dari bentuk, orientasi, dan gerak tangan, lengan, tubuh serta ekspresi wajah untuk mengungkapkan isi pikiran oleh karena itu bahasa isyarat merupakan salah satu bahasa yang dibutuhkan oleh penyandang difabel tunarungu agar dapat memahami dan menerima pesan. Bahasa isyarat dipengaruhi oleh latar belakang budaya serta kebiasaan orang tersebut. Bahasa isyarat merupakan bahasa yang fungsinya sangat penting bagi penyandang tunarungu dalam mengakses informasi, sehingga komunikasi dapat berjalan secara efektif jika informasi yang disampaikan dapat dipahami bagi siswa tunarungu. Efektivitas komunikasi dapat dikatakan efektif yaitu apabila pesan yang disampaikan komunikator dapat menghasilkan efek-efek atau perubahan. Berdasarkan keterangan data-data diatas terdapat permasalahan mengenai : “Seberapa efektivitas  komunikasi nonverbal bahasa  isyarat dalam pemenuhan kebutuhan informasi di Liputan 6 SCTV pada siswa SLB Cicendo Bandung?”. Selanjutnya tujuan dalam penelitian ini di uraikan dalam pokok-pokok sebagai berikut: (1) Bagaimana komunikasi nonverbal di liputan 6 terhadap pemenuhan kebutuhan siswa SLB? (2) Bagaimana kualitas komunikasi nonverbal dari liputan 6 terhadap pemenuhan siswa SLB? (3) Bagaimana waktu penayangan kebutuhan komunikasi nonverbal dari liputan 6 terhadap siswa SLB?. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri SLB Cicendo Bandung yang berjumlah 33 siswa. Dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh diperoleh jumlah sampel penelitian sebanyak 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Kualitas Komunikasi Penerjemah Bahasa Isyarat dalam menyampaikan informasi dinyatakan efektif mampu menarik perhatian siswa tunarungu SLB Negeri Cicendo Bandung. (2) Program berita SCTV dinyatakan efektif dalam memberikan informasi kepada siswa tunarungu SLB Negeri Cicendo. (3) Waktu penayangan berita dinyatakan cukup dengan adanya penerjemah bahasa isyarat dalam pemenuhan siswa tunarungu SMA Negeri SLB Cicendo Bandung.

Downloads

Published

2021-10-26