Pengaruh BLACKPINK sebagai Brand Ambassador Tokopedia terhadap Keputusan Pembelian pada Pengikut Twitter @blinkmf

Authors

  • Vena Yolandita Putri Jurnalistik, Universitas Islam Bandung
  • Maman Chatamallah Jurnalistik, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrjmd.v3i2.2759

Keywords:

Brand Ambassador, Keputusan Pembelian, BLACKPINK

Abstract

Abstract. This thesis research is entitled “The Influence of BLACKPINK as of a Tokopedia Brand Ambassador on Purchase Decisions for Twitter Followers @blinkmf” with a Survei of Twitter Followers @blinkmf Tokopedia Users. The research method used is quantitative whichs aims to generalize research results so that they can be used to predict any situation. Quantitative research is also used to describe causal relationships between the variables investigated. Quantitative research begins with theories and hyphotheses. The theory used in this research is random sampling with probability sampling, namely random sampling without regard to strata in the population with a total of 99 respondents. Bases on the results of the analysis, it can be concluded that there is a significant relationship between the credibility of the Tokopedia brand ambassador and purchase decisions for Twitter followers @blinkmf, where the respondents who are the object of this research are Twitter followers @blinkmf.

Abstrak. Penelitian skripsi ini berjudul “Pengaruh BLACKPINK Sebagai Brand Ambassador Tokopedia Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengikut Twitter @blinkmf” dengan Survei Terhadap Pengikut Twitter @blinkmf Pengguna Tokopedia. Metode penelitian yang digunakan merupakan kuantitatif yang bertujuan untuk menggeneralisasi hasil penelitian sehingga dapat digunakan untuk memprediksi situasi apa pun. Penelitian kuantitatif juga digunakan untuk deskripsi hubungan sebab akibat antara variabel yang diselidiki. Penelitian kuantitatif dimulai dengan teori dan hipotesis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses and effect. Teknik pengumpulan datanya menggunakan studi kepustakaan dan kuesioner kepada responden. Pengambilan sampel atau teknik samoling yang dimanfaatkan dalam penelitian ini yaitu teknik simple random sampling dengan jenis probability sampling yaitu pengambilan sampel secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu dengan jumlah responden sebesar 99 orang. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kredibilitas brand ambassador Tokopedia dengan keputusan pembelian pada pengikut Twitter @blinkmf, di mana responden yang menjadi objek penelitian ini merupakan pengikut Twitter @blinkmf.

References

Adi, F., U. Sumarwan, and I. Fahmi. 2017. “Pengaruh Faktor Sikap, Norma Subjektif, Demografi, Sosioekonomi Serta Literasi Keuangan Syariah Dan Konvensional Terhadap Minat Berwiausaha Pada Mahasiswa.” Jurnal AlMuzara’ah 5(1):1–20.

Agustiyanti. 2021. “Bos Tokopedia Ungkap Keuntungan BTS & Blackpink Jadi Brand Ambassador.” Katadata. Retrieved (https://katadata.co.id/agustiyanti/digital/6145c93973df1/bos-tokopedia-ungkap-keuntungan-bts-blackpink-jadi-brand-ambassador).

Fatharani, Dila Putri, and Dian Widya Putri. 2023. “Pengaruh Fashion Influencer Thrift @rayiputra26 Terhadap Gaya Busana Followers Instagram @rayiputra26.” Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital 3(1):19–24.

Ghozali, I. 2021. Partial Least Squares Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Khoirunnisaa, J. 2021. “Perdana, Tokopedia Gaet BTS Dan BLACKPINK Sekaligus Jadi Duta Merek.” Detik.Com. Retrieved (https://hot.detik.com/berita-kpop/d-5348829/perdana-tokopedia-gaet-bts-dan-blackpink-sekaligus-jadi-duta-merek.%0A).

Latifah, Annisa, and Santi Indra Astuti. 2023. “Hubungan Antara Menonton Tayangan Konten Di Kanal Youtube Clarin Hayes Dengan Pengetahuan Kesehatan Subscribers.” Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital 3(1):9–12.

Lea-Greenwood, and Gaynor. 2012. Fashion Marketing Communication. USA: Wiley.

Morissan. 2014. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Mulyana, D. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Downloads

Published

2023-12-21