Penggunaan Umpan Klik pada Situs Grid.id

Authors

  • Mediani Tri Rahmawati Jurnalistik, Universitas Islam Bandung
  • Zulfebriges Jurnalistik, Universitas Islam Bandung
  • Dadi Ahmadi Jurnalistik, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrjmd.v3i2.2746

Keywords:

Media Online, Portal Beirta, Judul Clickbait

Abstract

Abstract. Internet speed at this time gives us the information we want in a matter of seconds. Coverage in online media has also begun to vary, even current news is sometimes supplemented by the rise of the clickbait phenomenon. Not infrequently this click bait leads to readers' curiosity and forms new opinions that provoke public emotion towards the news conveyed. The widespread use of click bait attracts readers' attention because they have to click on the page to read more about the story. Therefore this study examines the use of click bait related to Najwa Shihab's news on the Grid.id site. The Grid.id site itself is a lifestyle and entertainment news portal which is still managed by the Kompas Gramedia group. Researchers find out how news categories, techniques for using click bait and also click bait elements used by the Grid.id site in reporting on Najwa Shihab. This study uses a quantitative method with a type of descriptive content analysis. The theory used in this study is the theory of Computer Mediated Communication (CMC), a communication process mediated by hardware such as computers. This theory explains that media convergence actually occurs along with the development of the times. The sample for this research is the entire population of news related to the January to March 2023 editions of Najwa Shihab, totaling 18 news stories. The results of this study indicate that the reporting of Najwa Shihab on Grid.id from January to March 2023 falls into the soft news category. In addition, 75% of Najwa Shihab's reporting was found to use the clickbait technique of deixis discourse. In addition, this research shows that 41% of Najwa Shihab's news from January to March 2023 uses formatting elements.

Abstrak. Kecepatan internet pada saat ini memberikan kita informasi yang kita inginkan dalam hitungan detik. Pemberitaan di media online pun mulai beragam, pemberitaan saat ini pun terkadang ditambahi dengan maraknya fenomena umpan klik (clickbait). Tak jarang umpan klik ini menggiring rasa penasaran pembaca serta membentuk opini baru yang memancing emosi publik terhadap berita yang disampaikan. Maraknya penggunaan umpan klik menarik perhatian pembaca karena harus mengklik laman tersebut untuk membaca beritanya lebih lanjut. Maka dari itu penelitian ini meneliti penggunaan umpan klik terkait pemberitaan Najwa Shihab di situs Grid.id. Situs Grid.id sendiri merupakan portal berita lifestyle dan entertainment yang masih dikelola oleh Kompas Gramedia grup. Peneliti mencari tahu bagaimana kategori pemberitaan, teknik penggunaan umpan klik dan juga unsur umpan klik yang digunakan oleh situs Grid.id dalam pemberitaan Najwa Shihab. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis analisis isi deskriptif. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Computer Mediated Communication (CMC), proses komunikasi yang dipertarai perangkat keras seperti komputer. Teori ini menjelaskan konvergensi media itu benar terjadi seiring dengan perkembangan zaman yang terjadi. Sampel penelitian ini adalah keseluruhan populasi berita terkait Najwa Shihab edisi bulan Januari hingga Maret 2023 yang berjumlah 18 berita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberitaan Najwa Shihab di Grid.id pada bulan Januari hingga Maret 2023 masuk ke dalam kategori berita lunak atau soft news. Selain itu 75% dari pemberitaan Najwa Shihab ditemukan menggunakan teknik clickbait wacana deixis. Selaiin itu, penelitian ini menunjukkan bahwa 41% berita Najwa Shihab bulan Januari hingga Maret 2023 menggunakan unsur formatting.

References

Biyani, Prakhar, Kostas Tsioutsiouliklis, and John Blackmer. 2016. “8 Amazing Secrets for Getting More Clicks”: Detecting Clickbaits in News Streams Using Article Informality.” Thirtieth AAAI Conference on Artificial Intelligence 30(1). doi: https://doi.org/10.1609/aaai.v30i1.9966.

Hadiyat, Yayat D. 2019. “Clickbait Di Media Online Indonesia.” Jurnal Perkomnas 4(1):1–10.

Huberman, and Miles. 1992. “Teknik Pengumpulan Dan Analisis Data Kualitatif.” Jurnal Studi Komunikasi Dan Media 02(1998):1–11.

Kertanegara, M. Rizky. 2018. “Penggunaan Clickbait Headline Pada Situs Berita Dan Gaya Hidup Muslim Dream.Co.Id. MediaTor.” Jurnal Komunikasi 11(6).

M. Romli, Asep Syamsul. 2020. Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung. Bandung: Nuansa Cendekia.

Martha. 2022. “Judul Berita Pengaruh Minat Pembaca.” Kemenag. Retrieved (https://sumsel.kemenag.go.id/berita/view/96803/martha-judul-berita--pengaruhi-minat-pembaca--).

Santana K., Septiawan. 2017. Jurnalisme Kontemporer. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.

Solihin. 2022. “Tinjauan Tentang Clickbait Media.” Jurnal Komunikasi Dan Media 7(1).

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.

Syade, Olganisya Prilidha. 2020. “Praktik Clickbait Pemberitaan Lucinta Luna Pada Media Online Tribunnews.”

Trustyanda, Rizki, and Dhanurwendo. 2021. “Budaya Clickbait Pada Judul Berita Di Era Digital 4.0. Syntax Literate.” Jurnal Ilmiah Indonesia 6(9).

Downloads

Published

2023-12-21