Pengaruh Penggunaan Media Sosial TikTok Vina Muliana terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrjmd.v3i2.2700Keywords:
Media Sosial TikTok, Pemenuhan Kebutuhan Informasi, Vina MaulinaAbstract
Abstract. The rapid development of the internet as it is today has given rise to many social media to fulfill the communication and information needs of its users. Social media TikTok is one of the most popular social media among its users. TikTok is a social media with a short video format that is equipped with various features to make content interesting for its users. Currently, TikTok does not only provide entertainment content, but various kinds of information can also be disseminated via TikTok. That way, lots of content creators and influencers emerge to create content with their own characteristics. Vina Muliana is a content creator and influencer who always creates content about information and tips and tricks about the world of work, making it easier for her Followers to find the information they need about the world of work. This study aims to measure how much social media use Vina Muliana's TikTok is in meeting the information needs of Followers. This study uses a quantitative approach with use and effect theory and data analysis techniques using simple linear regression studies. The results of this study indicate that there is an influence between the x variable on the y variable of 45.3% with a significance of 0.000 in this case indicating that the influence of the two variables is included in the fairly strong category.
Abstrak. Perkembangan internet yang semakin pesat seperti sekarang ini, memunculkan banyaknya media sosial sebagai pemenuhan berkomunikasi dan kebutuhan informasi bagi penggunanya. Media sosial TikTok merupakan salah satu media sosial yang tengah populer di kalangan penggunanya. TikTok merupakan media sosial yang berformat video pendek yang dilengkapi berbagai macam fitur untuk membuat konten menarik bagi penggunanya. Saat ini TikTok tak hanya menyediakan konten hiburan saja namun berbagai macam informasi pun dapat disebarluaskan melalui TikTok. Dengan begitu, banyaknya konten kreator dan influencer yang muncul untuk membuat konten dengan ciri khas nya masing-masing. Vina Muliana merupakan salah satu konten kreator dan influencer yang selalu membuat konten mengenai informasi serta tips and trick seputar dunia kerja sehingga memudahkan Followers nya untuk mencari informasi seputar dunia kerja yang mereka butuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar penggunaan media sosial TikTok Vina Muliana dalam memenuhi kebutuhan informasi Followers. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teori uses and effect serta teknik analisis data menggunakan studi regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel x terhadap variabel y sebesar 45,3% dengan signifikansi 0,000 dalam hal ini menunjukkan bahwa pengaruh kedua variabel tersebut masuk kedalam kategori cukup kuat.
References
Fatharani, Dila Putri, and Dian Widya Putri. 2023. “Pengaruh Fashion Influencer Thrift @rayiputra26 Terhadap Gaya Busana Followers Instagram @rayiputra26.” Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital 3(1):19–24.
Firnanda Listiyanti, D., and D. Ahmadi. 2022. “Hubungaln Alntalral Talyalngaln Alkun Tiktok @Liputaln6.Com Dengaln Pemenuhaln Kebutuhaln Informalsi.” Balndung Conference Series: Public Relaltions 2(1):325–332. doi: https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i1.1246.
Hidayah, N., and D. A. Esfandari. 2019. “Engaruh Promosi Media Sosial Instagram Akun @dunialkulinerbdg Tehadap Minat Penggunaan Sebagal Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kuliner.” E-Proceeding of Management 6(1):1691–1699.
Hutagaol, S. 2015. “Pengaruh Isi Pesan Tweet @Metro_TV Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Untirta.” 32–33.
Latifah, Annisa, and Santi Indra Astuti. 2023. “Hubungan Antara Menonton Tayangan Konten Di Kanal Youtube Clarin Hayes Dengan Pengetahuan Kesehatan Subscribers.” Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital 3(1):9–12.
Nadya Kinasih Alkautsar, and Dian Widya Putri. 2022. “Pengaruh Terpaan Media Terhadap Kesadaran Mahasiswa Tentang Protokol Kesehatan Covid-19 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak).” Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital 1(2):135–42. doi: 10.29313/jrjmd.v1i2.505.
Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya Dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Rakhmat, Jalaludin, and Idi Subandi. 2017. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Afabeta.
Syafrudin, Muhiddinur Kamal, Wedra Aprison, and Salmi Wati. 2022.
“Keterampilan Memberikan Variasi Mengajar Mahasiswa PPL Prodi PAI Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan UIN Syekh M. Djamil Djambek Bukittinggi Dalam Persepsi Guru Pamong Di Pondok Pesantren Madinatul Munawwarah Bukittinggi.” Jurnal Multidisiplin Ilmu 1(3):608–17.