Kampanye Politik Aggota DPRD Kabupaten Garut Jawa Barat pada Pemilu 2019
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrjmd.v3i2.2644Keywords:
Kampanye Politik Irwandani, JabarWani, Pesan PolitikAbstract
Abstract. Irwandani's election as a member of the Garut Regency DPRD Dapil III for 2 terms of office is inseparable from the political campaign she has carried out to maintain public trust that she deserves to continue her position as a member of the Garut Regency DPRD Dapil III. This study aims to determine how Irwandani's Political Campaign in the Election of Members of the Garut Regency DPRD West Java Dapil III for the 2019 Legislative General Election. This research uses Qualitative methods with a case study approach with data collection techniques through observation, interviews, literature review and documentation by involving Irwandani and the campaign team as informants. The results of this study are in the formation of campaigners, Irwandani formed a campaign team consisting of Irwandani's two beliefs, the formation of campaigners based on the campaign team's recommendations. To build attractiveness and strength, the formation of campaigners involved community leaders such as youth, religious leaders, and women leaders who are members of JabarWani. In delivering political messages, Irwandani has a vision to provide benefits to the community and pay attention to issues that are currently hot in the Dapil 3 district of Garut. In delivering political messages, Irwandani also pays attention to emotions and adjusts the language. The political media used is Facebook social media because it is dominated by people in Dapil 3 Garut Regency compared to other social media. The obstacles faced by Irwandani and the campaign team are the difficulty of building public trust due to the negative stigma against legislative candidates. Furthermore, the tendency of people to think pragmatically and focus on personal interests. Finally, the access and geographical location of Dapil 3 resulted in limited accessibility to these areas which became obstacles to the movement of the campaign team.
Abstrak. Terpilihnya Irwandani sebagai anggota DPRD Kab. Garut Dapil III selama 2 periode masa jabatan, tidak terlepas dengan kampanye politik yang telah ia lakukan untuk mempertahankan kepercayaan masyarakat bahwa dirinya layak melanjutkan jabatannya sebagai anggota DPRD Kabupaten Garut Dapil III. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kampanye Politik Irwandani Pada Pemilihan Anggota DPRD Kabupaten Garut Jawa Barat Dapil III Pemilihan Umum Legislatif 2019. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tinjauan pustaka dan dokumentasi dengan melibatkan Irwandani dan tim kampanye sebagai informan. Hasil dari penelitian ini adalah dalam pembentukan juru kampanye, Irwandani membentuk tim kampanye yang terdiri dari dua kepercayaan Irwandani, pembentukan juru kampanye berdasarkan rekomendasi tim kampanye. Untuk membangun daya tarik dan kekuatan, pembentukan juru kampanye melibatkan tokoh masyarakat seperti pemuda, tokoh agama, dan tokoh wanita yang tergabung dalam JabarWani. Dalam menyampaikan pesan politik, Irwandani memiliki visi untuk memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat dan memperhatikan isu-isu yang sedang hangat di wilayah Dapil 3 Kab. Garut. Dalam menyamaikan pesan politik juga Irwandani memprhatikan emosi dan menyesuaikan bahasa. Media politik yang digunakan adalah Media sosial Facebook karena dikuasai oleh masyarakat di Dapil 3 Kabupaten Garut dibanding media sosial lainnya. Hambatan yang dihadapi Irwandani dan tim kampanye adalah sulitnya membangun kepercayaan masyarakat karena stigma negatif terhadap bakal calon legislatif. Selanjutnya, kecenderungan masyarakat berfikir pragmatis dan fokus pada kepentingan pribadi. Terakhir akses serta letak geografis Dapil 3 mengakibatkan terbatasnya aksesibilitas ke daerah-daerah tersebut menjadi hambatan pergerakan tim kampanye.
References
A.Mustanir. 2023. Ilmu Politik. Malang: PT. Malang : Literasi Nusantara Abadi Grup.
Arifin, Anwar. 2003. Komunikasi Politik: Paradigma Teori Aplikasi Strategi Dan Komunikasi Politik Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Cangara, Hafied. 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Canggara, H. 2009. Komunikasi Politik Konsep. Teori, Dan Strategi. 1st ed. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Gustianingsih, Dalatina Peloggia. 2023. “Distribusi Afeksi Sebagai Bentuk Aktivasi Hak Suara Dalam Ruang Digital Learning.” Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital 3(1):53–62.
Heryanto, G. G. 2018. Media Komunikasi Politik. Yogyakarta: IRCiSoD.
Mukarom, Z. 2020. Teori-Teori Komunikasi. Bandung. Bandung.
Nur, E. 2019. “Strategi Komunikasi Tim Sukses Pada Kampanye Politik Untuk Memenangkan Calon Legislatif Kota Makassar.” Jurnal Diakom 2(1):120–28.
Tabroni, R. 2014. “Etika Komunikasi Politik Dalam Ruang Media Massa.” Jurnal Ilmu Komunikasi 10(2):105–16.
Wulandari, R. 2013. “Strategi Kampanye Politik Koalisi Partai Pengusung Afi-Mukmin Dalam Pemilihan Gubernur Tahun 2013.” EJournal Ilmu Komunikasi 1(4):220–34.