Pengaruh Fashion Influencer Thrift @rayiputra26 terhadap Gaya Busana Followers Instagram @rayiputra26

Authors

  • Dila Putri Fatharani Jurnalistik, Universitas Islam Bandung
  • Dian Widya Putri Jurnalistik, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrjmd.v3i1.1757

Keywords:

Fashion Thrift, Fashion Influencer, Gaya Busana

Abstract

Abstract. The Instagram account @rayiputra26 is often associated by many people as a fashion influencer account and how to dress luxuriously which is often uploaded, but in reality the photo uploads that are often uploaded by @rayiputra26 in highlighting the style of dress are the result of thrifting, the research method used in research This is with a quantitative approach. The sample in this study was 100 respondents, namely Instagram Followers @rayiputra26. Data collection techniques are by distributing questionnaires and observation. The data analysis technique used descriptive analysis, validity test, reliability test and hypothesis testing. The purpose of this study is to find out and analyze whether there is an influence of Fashion Influencer Thrift on the Instagram account @rayiputra26 on the fashion style of Instagram followers @rayiputra26. The results of the research on the influence of Thrift Fashion Influencers have a significant and significant influence on the Instagram account @rayiputra26 on the fashion style of Instagram followers @rayiputra26.

Abstrak. Akun Instagram @rayiputra26 sering dikaitkan oleh banyak orang sebagai akun fashion influencer dan cara berpakaian mewah yang sering di unggah, akan tetapi dalam kenyataanya unggahan foto yang sering diunggah oleh @rayiputra26 dalam menonjolkan gaya berpaikan itu adalah hasil dari thrifting, Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yaitu Followers Instagram @rayiputra26. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara penyebaran kuesioner dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji validitas, uji reliablititas dan uji hipotesis. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui dan menganalisis Apakah terdapat pengaruh Fashion Influencer Thrift Pada Akun Instagram @rayiputra26 terhadap Gaya Busana Followers Instagram @rayiputra26. Hasil penelitian mengenai pengaruh Fashion Influencer Thrift memperoleh pengaruh dan signifikan Pada Akun Instagram @rayiputra26 terhadap Gaya Busana Followers Instagram @rayiputra26.

References

Akbar, Mohammad Rezandy, and Yadi Supriadi. 2021. “Hubungan Media Massa Online Dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa.” Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital 1(1):35–44. doi: 10.29313/jrjmd.v1i1.171.

Moleong, J. Lexy. 2004. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nuril Lutfiah Saleh, and Dedeh Fardiah. 2022. “Impression Management News Anchor Dalam Membawakan Berita.” Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital 1(2):98–106. doi: 10.29313/jrjmd.v1i2.490.

Refi Maulana Yusuf, and Dadi Ahmadi. 2022. “Kampanye Budaya Beberes Di Media Sosial Instagram.” Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital 151–58. doi: 10.29313/jrjmd.v2i2.1530.

Rubani, M. 2011. Psikologi Komunikasi. Pekanbaru: Unri Press.

Samudra Eka Cipta, and Rinto Budi Santosa. 2022. “Penggunaan Meme Sejarah Di Jejaring Sosial Untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah Masyarakat Indonesia.” Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital 129–34. doi: 10.29313/jrjmd.v2i2.1368.

Sheldrake, Paul. 2017. “Starch. In: Imeson, Alan (Ed). Food Stabilisers, Thickeners and Gelling Agents.”

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Afabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Afabeta.

Sulaeman, and AG. Sudibyo. 2021. “Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap LoyalitasNasabah PT. X.” Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital 1(2):89–97. doi: 10.29313/jrjmd.v1i2.427.

Downloads

Published

2023-07-14