Faktor-Faktor yang Menentukan Minat Berwirausaha Mahasiswa Perguruan Tinggi Islam di Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrieb.vi.829Keywords:
Wirausaha, Minat Berwirausaha, MahasiswaAbstract
Abstract. Work is considered as worship in Islam to seek sustenance from Allah SWT. Islam also teaches entrepreneurship, entrepreneurship is exemplified directly by Rasullullah SAW as a true entrepreneur. Therefore, college graduates need to be prepared and directed, supported to not only be oriented as job seekers but can and ready to become job creators as well. This study aims to determine the factors that determine the interest in entrepreneurship in students in Islamic universities in Bandung. This study was conducted on students of the state Islamic University of Sunan Gunung Djati Bandung and the Islamic University of Bandung. Sampling technique in the form of simple random sampling by conducting a survey of 100 respondents. The research method used is quantitative descriptive and data analysis in this study using likert scale. The results showed that the factors that determine the interest in entrepreneurship in the social environment aspect of 78.92%, family environment of 77.05%, motivation of 90.375%, creativity and innovation reached 82.92%, technology environment of 90.33% and aspects of having capital of 79.16% of entrepreneurship interest.
Abstrak. Bekerja dianggap sebagai ibadah didalam Islam untuk mencari rezeki dari Allah SWT. Islam juga mengajarkan untuk berwirausaha, wirausaha dicontohkan langsung oleh Rasullullah SAW sebagai entrepreneur sejati. Oleh karena itu, para sarjana lulusan perguruan tinggi perlu mempersiapkan diri dan diarahkan, didukung untuk tidak hanya berorientasi sebagai pencari kerja namun dapat dan siap menjadi pencipta pekerjaan (job creator) juga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan minat berwirausaha pada mahasiswa di Lingkungan Perguruan Tinggi Islam di Kota Bandung. Studi ini dilakukan pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung dan Universitas Islam Bandung. Teknik pengambilan sampel berupa simple random sampling dengan melakukan survey terhadap 100 responden. Metode penelitian yang yang digunakan yakni deskriptif kuantitatif dan analisis data pada penelitian ini menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menentukan minat berwirausaha pada aspek lingkungan sosial yakni sebesar 78,92%, lingkungan keluarga sebesar 77,05%, motivasi sebesar 90,375%, kreativitas dan inovasi mencapai 82,92%, lingkungan teknologi sebesar 90,33% dan aspek memiliki modal sebesar 79,16% terhadap minat berwirausaha.