Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Keunggulan Produk terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Muamalat Bandung
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrieb.vi.825Keywords:
Pelayanan, Keunggulan Produk, Kepuasan NasabahAbstract
Abstract. Applying the best service, Bank Muamalat Bandung always strives to provide quality products and superior to products owned by other banks as competitors. Product excellence created Bank Muamalat Bandung so that customers remain loyal to use and enjoy the services provided by the Bank Muamalat. The formulation of the problem of this study is whether there is an influence of Service factors on customer satisfaction in Bank Muamalat Bandung, whether there is an advantage of products affect customer satisfaction of Bank Muamalat Bandung. The data used is the primary data obtained from the results of questionnaires that have been filled by customers of Bank Muamalat Bandung which became the research sample. In this study using data normality test, multiple regression test and hypothesis test. From the analysis it can be concluded that, service variables affect customer satisfaction of Bank Muamalat Bandung with a level of significance of 0.000, then Product Excellence variables affect customer satisfaction of Bank Muamalat Bandung with a level of significance of 0.000.
Abstrak. Menerapkan pelayanan yang terbaik, Bank Muamalat Kota Bandung selalu berupaya untuk memberikan produk yang berkualitas dan unggul dibandingkan produk yang dimiliki bank-bank lain sebagai pesaingnya. Keunggulan produk diciptakan Bank Muamalat Kota Bandung agar nasabahnya tetap setia memakai dan menikmati jasa yang diberikan Bank Muamalat tersebut. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah ada pengaruh faktor pelayanan terhadap kepuasan nasabah di Bank Muamalat Kota Bandung, apakah ada keunggulan produk berpengaruh terhadap kepuasan nasabah Bank Muamalat Kota Bandung. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil angket yang telah diisi oleh nasabah Bank Muamalat Kota Bandung yang menjadi sampel penelitian. Pada penelitian ini mengunakan uji normalitas data, uji regresi berganda dan uji hipotesis. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa, variabel pelayanan mempengaruhi kepuasan nasabah Bank Muamalat Kota Bandung dengan tingkat signifikasi sebesar 0,000, selanjutnya variabel keunggulan produk mempengaruhi kepuasan nasabah Bank Muamalat Kota Bandung dengan tingkat signifikasi sebesar 0,000.