Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Jawa Barat 2003-2017

Authors

  • Rani Wulantari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
  • Meidy Haviz Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrieb.v1i1.62

Keywords:

Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Penanaman Modal Dalam Negeri

Abstract

Abstract. This study aims to identify and analyze how and how much influence PAD, DAU, and PMDN on West Java Province GRDP 2003-2017. The research method used is quantitative and qualitative methods. The type and source of data used are secondary data obtained from BPS based on time series and cross sections, which is 15 years. The analytical method used is the Ordinary Least Square (OLS) method using the Eviews version 9.0 program. The tests performed are classical assumptions (Multicollinearity, Autocorrelation, Heteroscedasticity, and Normality) and statistical tests are then performed economic analysis. The results showed that PAD and DAU influence and significant effect on GRDP while PMDN has an effect but not significantly on GRDP.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis bagaimana dan seberapa besar pengaruh PAD, DAU, dan PMDN terhadap PDRB Provinsi Jawa Barat 2003-2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang di peroleh dari BPS berdasarkan waktu time series dan cross section yaitu selama 15 tahun. Metode analisis yang digunakan adalah metode Ordinary Least Square (OLS) dengan menggunakan program Eviews versi 9.0. pengujian yang dilakukan yaitu asumsi klasik (Multikolinear, Autokorelasi, Heteroskedastis, dan Normalitas) dan uji statistik kemudian dilakukan analisis ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PAD dan DAU berpengaruh dan signifikan terhadap PDRB sedangkan PMDN berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap PDRB.

Downloads

Published

2021-07-06