https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Rengginang Dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy

Authors

  • Saffana Putri Arifa Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
  • Nurfahmiyati Prodi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrieb.v4i1.3702

Keywords:

UMKM Kuliner, Rengginang, Blue Ocean Strategy

Abstract

Abstract. Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) are one of the driving forces of the economy in Indonesia. One of the largest contributing MSME sectors is Micro and Small Enterprises (MSEs) in the food and beverage sector. The purpose of this study is to find out what strategy is applied by Rengginang MSMEs in Cikoneng Village using a blue ocean strategy. The research method used in this study is qualitative method. The data used were the results of observations, interviews, and Focus Group Discussions. Based on the results of the analysis conducted on the Rengginang strategy canvas in Cikoneng Village, it can be seen that Rengginang's business in Cikoneng Village lags behind in marketing factors. To improve these lagging factors, it is important for Cikoneng entrepreneurs to improve their marketing through social media or use e-commerce consistently.

Abstrak. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu penggerak roda perekonomian di Indonesia. Salah satu sektor UMKM yang paling besar kontribusinya yaitu Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di bidang makanan dan minuman. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi apa yang diterapkan UMKM Rengginang di Desa Cikoneng menggunakan blue ocean strategy. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Data yang digunakan adalah hasil observasi wawancara dan Focus Group Discussion. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan pada kanvas strategi Rengginang di Desa Cikoneng, dapat diketahui bahwa usaha Rengginang di Desa Cikoneng tertinggal pada faktor pemasaran. Untuk meningkatkan faktor yang tertinggal tersebut, penting bagi pengusaha rengginang Cikoneng untuk meningkatkan pemasarannya melalui media sosial atau menggunakan e-commerce dengan konsisten.

References

A. Hidayat, S. Lesmana, & Z. Latifah. (2022). Peran UMKM (Usaha, Mikro, Kecil, Menengah) dalam Pembangunan Ekonomi Nasional (6th ed., Vol. 3).

Baihawafi, M., & Sebayang, A. F. (2023). Pengaruh Upah Minimum, Indeks Pembangunan Manusia dan Laju Pertumbuhan Ekonomi terhadap Pengangguran Terbuka. Jurnal Riset Ilmu Ekonomi Dan Bisnis , 39–44. https://doi.org/10.29313/jrieb.v%vi%i.1911

Bungin Burhan. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer.

F. D. Kurniawan, & L. Fauziah. (2014). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Penanggulangan Kemiskinan (1st ed., Vol. 2). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203.

Gunartin. (2017). Penguatan Umkm Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa (5th ed., Vol. 1). EDUKA Jurnal Pendidikan, Hukum dan Bisnis.

Kartajaya et al, . Markplus on Strategy: 12 tahun MarkPlus&Co. (2005). membangun strategi perusahaan.

Kim W. Chan, & Mauborgne Renee. (2014). Blue Ocean Strategy Ciptakan Ruang Pasar Tanpa Pesaing dan Biarkan Kompetisi Tak Lagi Relevan.

Kim W. Chan, & Mauborgne Renee. (2016). Blue Ocean Shift Pergeseran Samudera Biru Melampaui Persaingan.

Nabilla Nurdina, & Ima Amailah. (2023). Preferensi Masyarakat Kota Bandung Terhadap Pinjaman Online. Jurnal Riset Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 33–38. https://doi.org/10.29313/jrieb.v3i1.1908

Nugraha, T., & Priminingtyas, D. (2016). Strategi Pengembangan Usaha Kecap Cemara Dengan Metode Blue Ocean Strategy dan Balanced Scorecard Pada UKM Cemara Food, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar. HABITAT, 27(1), 14–24. https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2016.027.1.3

Saddam, T. M. A., & Ima Amaliah. (2023). Strategi Pengembangan Bisnis Digital Menggunakan Metode Blue Ocean Strategy (Studi Kasus Aplikasi X).

Yustika, & Ahmad Erani. (2005). Perekonomian Indonesia ISSN 2407-4268 Deskripsi, Preskripsi, dan Kebijakan.

Downloads

Published

2024-07-22