Pengaruh Label Halal dan Tingkat Harga terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Kosmetik Pixy

Authors

  • Azkia Rahma Pradinda Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
  • Nurfahmiyati Prodi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrieb.v3i2.2857

Keywords:

Label Halal, PIXY, Tingkat Harga.

Abstract

Indonesia is a country with a predominantly Muslim population and at this time a lot of cosmetics are circulating without a definite halal label at quite high prices, of course this is a problem for consumers in choosing cosmetics to be used daily. This research aims to determine the influence of Halal Labels and Price Level on the purchasing decision of PIXY Cosmetics among students of Bandung Islamic University.  This study employs a quantitative descriptive research method, with the target population being students of Bandung Islamic University who use PIXY Cosmetics. The initial data collection was conducted by distributing questions on Instagram social media, followed by distributing online questionnaires to 100 respondents who use PIXY Cosmetics and analyzing the data. The research findings indicate that the Halal Label and Price Level have a positive and significant influence on the purchase intention or consumer decision-making in selecting PIXY Cosmetics.

Indonesia merupakan negara dengan Penduduk mayoritas beragama islam dan pada saat ini banyak sekali kosmetik yang beredar tanpa adanya label halal yang pasti dengan harga yanh cukup tinggi, tentu saja ini menjadi permaslahan bagi konsumen dalam memilih Kosmetik yang akan digunakan sehari-harinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh Label Halal dan Tingkat Harga terhadap keputusan pembelian Produk Kosmetik PIXY bagi Mahasiswa Universitas Islam Bandung.  Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif, Populasi yang digunakan yaitu Mahasiswa Universitas Bandung yang menggunakan Kosmetik PIXY. Teknik Pengumpulan Data awal yaitu dengan cara menyebarkan pertanyaan pada Media Sosial Instagram, kemudian setelah data terkumpul dilanjutkan dengan pendistribusian Kuesioner pada 100 responden pengguna Kosmetik PIXY secara online dan dianalisis. Hasil Penelitian ini Menunjukan bahwa Label Halal dan Tingkat Harga berpengaruh Positif dan Signifikan pada Minat Beli atau Keputusan Konsumen dalam memilih Produk Kosmetik PIXY.

References

"Industri Kosmetik di Indonesia Semakin Cantik". https://kumparan.com/@kumparannews/industri-kosmetik-diindonesiasemakin-cantik. Diakses 01 September 2019

Databoks. (2021). Tentang Databoks. From Databoks Katadata: https://databoks.katadata.co.id/about

Nuraini, Alfia Dan Ida Maftukhah, Pengaruh Celebrity Endorser dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek Pada Kosmetik Wardah Di Kota Semarang, Management Analysis Journal 4 (2), Universitas Negeri Semarang, 2015.

Kotler, P dan Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas. Jakarta : PT Indeks

Utami, W. B. 2013. Pengaruh Label Halal terhadap Keputusan Membeli (Survei pada Pembeli Produk Kosmetik Wardah di Outlet Wardah Griya Muslim Annisa Yogyakarta). Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

"Industri Kosmetik di Indonesia Semakin Cantik". https://kumparan.com/@kumparannews/industri-kosmetik-diindonesiasemakin-cantik. Diakses 01 September 2019

Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta

Downloads

Published

2023-12-23