Pengujian Peran Pendidikan dalam Pengentasan Kemiskinan Provinsi Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrieb.v3i2.2470Keywords:
Poverty, Education, Government SpendingAbstract
Poverty is the object of the problem that always becomes the government's attention. Because poverty is the main indicator of a country to see the welfare of its people. The government makes education one of the solutions to poverty. This study aims to determine the development of the role of education in reducing poverty in West Java province. The period used in this study is from 2012 to 2021. This research uses panel regression analysis. The results showed the important role of education in gravel decline. Education has a negative and significant effect on poverty. The results show that the addition of one year of education and the amount of government spending on the education sector can reduce poverty rates.
Kemiskinan menjadi objek permasalahan yang selalu menjadi perhatian pemerintah. Karena kemiskinan menjadi indikator utama suatu negara untuk melihat kesejahteraan masyarakatnya. Pemerintah menjadikan pendidikan sebagai salah satu solusi kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan peran pendidikan dalam menurunkan kemiskinan di provinsi Jawa Barat. Periode yang digunakan dalam penelitian ini dari tahun 2012 hingga 2021. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya peran pendidikan terhadap penurunan kemiskinan. Pendidikan memiliki pengaruh terhadap kemiskinan secara negatif dan signifikan. Hasilnya menunjukkan bahwa penambahan satu tahun pendidikan dan banyaknya pengeluaran pemerintah dapa sektor pendidikan dapat menurunkan tingkat kemiskinan.
References
Aprianto, R., & Idayati, I. (2019). Analisis Kualitas Sumber Daya Manusia dalam Menekan Angka Kemiskinan. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 363–377. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.111
Azizah, E., & Kusuma, H. (2018). Pengaruh Pendidikan, Pendapatan Perkapita Dan Jumlah Penduduk Terhadap Kemiskinan Di Provinsi Jawa Timur. Jurnal Ilmu Ekonomi, 2, 167–180.
D Bloom, D Canning, K Chan, and D. L. (2014). Higher education and economic development in Africa: The academic core. Effects of Higher Education Reforms: Change Dynamics, December, 137–152. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=2540166
Faktor, A., Mempengaruhi, Y., Di, K., Pesanggrahan, D., & Gudo, K. (2015). ( Analysis Of The Influence Faktors To Poverty In Pesanggrahan Village Gudo.
Heckman, J. J., Humphries, J. E., & Veramendi, G. (2016). The Non-Market Benefits of Education and Ability ∗ and the American Bar Foundation. NBER Working Paper 23896, 1–36.
Hofmarcher, T. (2021). The effect of education on poverty: A European perspective. Economics of Education Review, 83(June 2020), 102124. https://doi.org/10.1016/j.econedurev.2021.102124
Kakisina, L. O. (2011). The Analysis of Household Income and Poverty in the Transmigration Area: A Case in Waihatu Village, Kairatu Subdistrict, West Seram District, Maluku Province). Jurnal BudidayaPertanian, 7(2), 65–71.
Mihai, M., Ţiţan, E., & Manea, D. (2015). Education and Poverty. Procedia Economics and Finance, 32(15), 855–860. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(15)01532-4
Misdawita, & Sari, A. A. P. (2013). Analisis Dampak Pengeluaran Pemerintah Di Bidang Pendidikan, Kesehatan, Dan Pengeluaran Subsidi Terhadap Kemiskinan Di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik, 4, 147–161.
Oreopoulos, P., & Salvanes, K. G. (2011). Priceless: The nonpecuniary benefits of schooling. Journal of Economic Perspectives, 25(1), 159–184. https://doi.org/10.1257/jep.25.1.159
Putra, Auliya, & Satriahady. (2020). Pengaruh Pendapatan Per Kapita, Tingkat Pendidikan Dan Jumlah Penduduk Terhadap Kemiskinan (Studi Kasus: Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2010-2017. Skirpsi, 3(April), 49–58. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Randa, N. A., & Sentosa, S. U. (2020). Jurnal Kajian Ekonomi dan Pembangunan Analisis Kausalitas Antara Ketimpangan Pendidikan , Ketimpangan Pendapatan dan Kemiskinan di Indonesia. 2, 37–42.
Rizal, R. N. (2015). Apakah Jenjang Pendidikan Dasar Tenaga Kerja Berperan dalam Mengurangi Kemiskinan di Indonesia? Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Indonesia, 16(1), 15–30. https://doi.org/10.21002/jepi.v16i1.596
Tilak, J. B. G. (2002). Education and Poverty. Journal of Human Development, 3(2), 191–207. https://doi.org/10.1080/14649880220147301
Yanuar, A., Anwar, C., & Jokolelono, E. (2021). Analisis Pengaruh Dana Desa Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Sulawesi Tengah 2015 – 2019. Katalogis, 9(3), 283–295. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Katalogis/article/view/18156