Pengaruh Literasi Keuangan Syariah terhadap Keputusan Mahasiswa S-1 Unisba dalam Menggunakan Produk Bank Syariah

Authors

  • Delvi Delviana Saragi Ekonomi Pembangunan, Universitas Islam Bandung
  • Dewi Rahmi

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrieb.vi.1180

Keywords:

Literasi Keuangan Syariah, Keputusan Menggunakan Produk Bank Syariah

Abstract

Abstract. The potential for the development of Islamic banks which are part of the existence of a sharia economy is not accompanied by a high proportion of market share and a high sharia financial inclusion index. Islamic financial literacy is present as an effort to Muslim community decisions to use Islamic Bank products, one of which is through priority targets, namely students. The purpose of this study is to analyze the influence of the three indicators of Islamic financial literacy variables as well as the most dominant indicators influencing the decisions of Unisba undergraduate students to use Islamic Bank products. The method used in this research is quantitative and analytical model namely the binary logistic regression model. The data collection technique used a questionnaire and the population of Unisba undergraduate students. The sampling thechnique was used is purposive sampling. The results of this study indicate that the three indicators of the Islamic financial literacy variable have a positive and significant effect on the decision to use Islamic bank products. In addition, according to the coefficient value in the logistic regression analysis, it shows that the ability indicator has the largest coefficient value so that it becomes the most dominant indicator in influencing the decisions of Unisba undergraduate students in using Islamic Bank products.

Abstrak. Potensi perkembangan Bank Syariah yang menjadi bagian dari eksistensi ekonomi syariah tidak diiringi dengan proporsi pangsa pasar dan indeks inklusi keuangan syariah yang tinggi. Literasi keuangan syariah hadir sebagai salah satu upaya untuk mendorong keputusan masyarakat muslim menggunakan produk Bank Syariah, salah satunya melalui sasaran prioritas yaitu kalangan mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh ketiga indikator variabel literasi keuangan syariah serta indikator yang paling dominan mempengaruhi keputusan mahasiswa S-1 Unisba menggunakan produk Bank Syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan model analisis yaitu model regresi logistik biner. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan populasi mahasiswa S-1 Unisba. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga indikator dari variabel literasi keuangan syariah berpengaruh positif dan siginifikan terhadap keputusan menggunakan produk bank syariah. Selain itu, menurut nilai koefisien dalam analisis regresi logistik menunjukkan bahwa indikator kemampuan mempunyai nilai koefisien terbesar sehingga menjadi indikator paling dominan dalam mempengaruhi keputusan mahasiswa S-1 Unisba dalam menggunakan produk Bank Syariah.

References

Handida, R. D., & Sholeh, M. (2019). Pengaruh Tingkat Pengetahuan, Kualitas Layanan, Dan Tingkat Literasi Keuangan Syariah Terhadap Pengambilan Keputusan Masyarakat Muslim Menggunakan Produk Perbankan Syariah Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 15(2), 84–90. https://doi.org/10.21831/jep.v15i2.23743

Herawati, N. T. (2015). Kontribusi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 48(1–3), 60–70. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v48i1-3.6919

Laili, N. Y., & Kusumaningtias, R. (2020). Efektivitas Inklusi Keuangan Syariah dalam Meningkatkan Pemberdayaan UMKM (Studi Pada BMT Dasa Tambakboyo). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 436. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1204

Philip, K. (2008). Manajemen Pemasaran (Jilid 1. E). Jakarta. Erlangga.

Puspitasari, S., Mahri, A. J. W., & Utami, S. A. (2020). Indeks Inklusi Keuangan Syariah di Indonesia. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 4(1), 15–31. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v4i1.5094

Ramadhani, H. M., Rahmi, M., & Fathoni, M. A. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Promosi, Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank. Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 2(1), 689–704.

Santoso, I. R. (2018). Sosialisasi dan Pelatihan Implementasi Akad-Akad dan Produk Perbankan Syariah. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 151–158. https://doi.org/10.30653/002.201832.66

Wardhani, W., Sumarwan, U., & Yuliati, L. N. (2016). Pengaruh Persepsi dan Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Hunian Green Product. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 6(1), 45. https://doi.org/10.29244/jmo.v6i1.12183

Wijanarko, A., & Rachmawati, L. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Islamic Branding dan Religiusitas terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Layanan Keuangan Syariah. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(1), 104–116.

Downloads

Published

2022-12-20