Tinjauan Fikih Muamalah terhadap Jual Beli Bahan Pokok di XY

Authors

  • Siti Sartika Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Islam Bandung
  • Ira Siti Rohmah Maulida Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jres.v2i1.806

Keywords:

Jual Beli, Fikih Muamalah

Abstract

Abstract. In the practice of buying and selling that occurred at Indomaret Soreang, some buyers suffered losses due to the difference in price when making a transaction and after making a transaction. Every buyer before shopping but has set prices for each item that will be purchased after making a payment that is displayed on the shelf with what was purchased does not match what is caused. Based on these problems, the problems in this study are as follows: 1). How is the practice of buying and selling at Indomaret Soreang? 2). What is the Review of Muamalah Jurisprudence on the Sale and Purchase of Basic Materials at Indomaret Soreang? The research method used is a qualitative field method of data collection used, namely interviews, documentation, internet, and books were collected for analysis using qualitative descriptive methods. The results of this study are the price difference in Indomaret Soreang with the price difference, which is not in accordance with the terms of sale and purchase because the contract is fasid and there is an element of gharar in it, namely in the contract, but un gharar contained in this sale includes light gharar and is allowed.

Abstrak. Dalam praktek jual beli yang terjadi di Indomaret Soreang beberapa pembeli mengalami kerugian karena terdapat selisih harga ketika melakukan transaksi dan setelah melakukan transaksi. Setiap pembeli sebelum berbelanja sudah memerhatikan harga – harga pada setiap barang yang akan di beli namun setelah melakukan pembayaran harga yang terpajang di rak dengan yang di beli tidak sesuai sehingga menimbulkan perselisihan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka permasalahan pada penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: 1).Bagaimana praktik jual beli di Indomaret Soreang? 2).Bagaimana Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Jual Beli Bahan Pokok di Indomaret Soreang? Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif latau metode lapangan tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, serta dokumentasi, internet,dan buku kemudian dikumpulkan untuk dianalisis menggunakan metode deskripstif kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu selisih harga yang ada di Indomaret Soreang dengan adanya selisih harga tersebut yaitu tidak sesuai dengan syarat jual beli karena akadnya fasid dan terdapat unsur Gharar didalamnya yakni dalam akad, akan tetapi unsur gharar yang terdapat dalam jual beli ini termasuk gharar ringan dan diperbolehkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, P. (2018). Fikih Muamalah. Bandung: PT. Refika Aditama.
Agama, D. (2005). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Diponegoro: CV Penerbit.
Annisa Puspitasari, A. R. (2021). , “Tinjauan Akad Ijarah terhadap Sewa Lahan Usaha di Pasar Minggu Sadang. Prosiding Ekonomi Syariah, Hal. 566.
4. Apipudin. (2016.). Konsep Jual Beli Dalam Islam. Jurnal Islamic, Hlm. 1.
Depdibud. (2001). “Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Dept. Pendidikan dan Budaya.
Djuwaini, D. (2008). Pengantar Fiqh Muamalah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Kualitati. Jakarta: Salemba Empat.
Telaah Gharar Riba dan Maisir dalam Perspektif Transaksi Ekonomi Islam. (2020). Journal of Indonesian Islamic Economic Law, Hal. 102.
Zuhaily, W. A. (2011). Fiqih Islam Wa Adillatuhu Jilid V. Jakarta: Gema Insani Darul Fikir.

Downloads

Published

2022-07-09