https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Analisis Pendapat Madzhab Imam Syafi’i tentang Jual Beli Pesanan dan Implementasinya pada E-Commerce Shopee

Authors

  • Swanty Maharani Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Islam Bandung
  • Akhmad Yusup Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jres.v2i1.793

Keywords:

Madzhab Imam Syafi’i, jual beli pesanan, mystery box

Abstract

Abstrack. Islam has several types of buying sale, one of which is to sell orders or greetings. Sell the buying order has been arranged to be in place and conditions by Islam so that sellers and buyers must obey the rule. Madzhab Imam Syafi’i has provided an explanation for how to run the right buying order sale. The study aims to find out the theory of buying orders according to Madzhab ImamSyafi’i, knowing the practice of buying Mystery Box orders on online stores Tarryaulya and Jollymart.id, knowing Madzhab Imam Syafi’i opinions on selling orders and its implementation on E-Commerce (A Case Study on Selling of Booking Mystery Box At Tarry Stores aulya and Jollymart.id). The study used a type of field research data (field reserch), and also used library research. The data used is primary data (data obtained directly from the source) in the form of interviews then secondary data (data obtained from the second party as well as research related records) that is, in the form of documetation as well as observation. The results from the study explained that buying the mystery box order according to madzhab Imam Syafi’i at the Tarryaulya and Jollyamart stores selling mystery boxes on Shopee sites had met the order’s buying sell-out, but did not partially qualify the buy order according to Madzhab Imam Syafi’i, namely the obscurity of the size, type, number or notarancies of the item.

Abstrak. Islam memiliki beberapa jenis jual beli, salah satunya adalah jual beli pesanan atau salam. Jual beli pesanan ini telah diatur rukun dan syaratnya oleh Islam sehingga penjual maupun pembeli haruslah menaati peraturan tersebut. Madzhab Imam Syafi’i telah memberikan penjelasan bagaimana menjalankan jual beli pesanan yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teori jual beli pesanan menurut Madzhab ImamSyafi’i, mengetahui praktik jual beli pesanan Mystery Box pada toko online Tarryaulya dan Jollymart.id, mengetahui pendapat Madzhab Imam Syafi’i tentang jual beli pesanan dan implementasinya pada E-Commerce (Studi Kasus terhadap Jual Beli Pesanan Mystery Box Pada Toko Tarryaulya dan Jollymart.id). Penelitian ini menggunakan jenis data penelitian lapangan (field reserch), dan juga menggunakan riset kepustakaan. Data yang digunakan adalah data primer (data yang diperoleh secara langsung dari narasumber) berupa wawancara kemudian data sekunder (data yang diperoleh dari pihak kedua dan juga catatan terkait penelitian) yaitu berupa dokumetasi dan juga obeservasi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa jual beli pesanan mystery box menurut madzhab Imam Syafi’i pada toko Tarryaulya dan Jollyamart yang menjual mystery box pada situs Shopee telah memenuhi rukun jual beli pesanan, tetapi tidak memenuhi sebagian syarat jual beli pesanan menurut Madzhab Imam Syafi’i, yaitu ketidakjelasan ukuran, jenis, jumlah maupun takaran barang tersebut. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam Panji. (2017). Fikih Muamalah Maliyah. Bandung: PT Refika Aditama. hlm.66
Al-Bugha, Musthafa Diib. (2009). Fikih Islam Lengkap Penjelasan Hukum-Hukum Islam Madzhab Syafi’i. Solo: Media Zikir, hlm.256-257.
Ar-raniry, Universitas Islam Negeri, and Banda Aceh, ‘TRANSAKSI JUAL BELI MYSTERY BOX PADA SITUS SHOPEE DITINJAU DALAM PERSPEKTIF BA ’ I SALAM ( Studi Kasus Di Banda Aceh )’, 2020, 1
Asy-Syafi’i, Imam Abu AbdillahMuhammad bin Indris, Al-Umm#5: Kitab Induk Fiqih Islam, ed. by Muh. Iqbal Santosa (Jakarta: Republika Penerbit (PT Pustaka Abdi Bangsa))
‘Contract. In This Paper, We Will Discuss the Existence of Gharar and the Application of The’, 16 (2020), 414–29
El Qory, Dani. (2020). Transaksi E-Commerce Berbasis Market Place: Antara Akad Salam Dan Gharar Perspektif Fiqih Madzhab Syafi'i. MIYAH: Jurnal Studi Islam. Vol.16. No. 02. Hlm. 416-418.
Hasanudin, Jaih Mubarok dan, Fikih Mu’amalah Maliyyah, ed. by Iqbal Triadi Nugraha (Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2017)
Mujiatun, Siti, ‘Jual Beli Dalam Perspektif Islam : Salam Dan Istisna’’, Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 13.September (2013), 202–16
Syaikh Abdurrahman Al-Juzairi, Fikih Empat Madzhab Jilid 3 (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2017)
Tokopedia, (2021), “Surah Al-Baqarah”, https://www.tokopedia.com/s/quran/al-baqarah/ayat-275, diakses pada 22 November 2021 Pukul 17.54.
Wireksa Mulyadi, ‘Tinjauan Hukum Ekonomi Syari’Ah Terhadap Jual Beli Mystery Box Di Online Shop Tokopedia’, 2020, 2

Downloads

Published

2022-07-09