Analisis Kesejahteraan Petani Muslim Milenial di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.29313/jres.v4i2.5444Keywords:
Digitalisasi, Kesejahteraan, Petani MuslimAbstract
Abstrak. Generasi milenial cenderung mengadopsi teknologi pertanian maju dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Akan tetapi belum banyak yang tertarik dan mengadopsi pertanian modern karena tantangan biaya investasi yang tinggi. Pada dasarkan faktor tersebut berhubungan dengan kesejahteraan petani sehingga penting untuk dilakukan sebuah penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesejahteraan petani muslim milenial di Indonesia. Studi ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi kesejahteraan petani muslim milenial, serta memberikan landasan untuk kebijakan dan praktik pertanian yang berkelanjutan dan inovatif. Analisis menggunakan Structural Equation Modeling Partial Least Squares (SEM PLS). Hasil analisis menunjukkan bahwa digitalisasi pemasaran, ketersediaan infrastruktur, dan teknologi pertanian berkontribusi secara positif dan signifikan terhadap kesejahteraan petani muslim milenial. Digitalisasi pemasaran memungkinkan akses ke pasar yang lebih luas dan peningkatan margin keuntungan. Infrastruktur yang baik memfasilitasi distribusi hasil pertanian dan meningkatkan akses ke pasar, sedangkan teknologi pertanian modern meningkatkan efisiensi dan produktivitas pertanian.
Abstract. Millennials tend to adopt advanced agricultural technology more readily compared to previous generations. However, there are still relatively few who are interested in and embrace modern farming practices due to the challenges posed by high investment costs. Fundamentally, this issue is closely related to farmers' welfare, making it crucial to conduct research on the matter. This study aims to determine how the welfare of millennial muslim farmers in Indonesia. This study provides an in-depth understanding of the factors that influence millennial farmers' welfare, as well as providing a foundation for sustainable and innovative agricultural policies and practices. Analysis was conducted using SEM PLS. The results of the analysis show that marketing digitalization, infrastructure availability, and agricultural technology contribute positively and significantly to the welfare of millennial muslim farmers. Marketing digitalization allows access to wider markets and increased profit margins. Good infrastructure facilitates the distribution of agricultural products and improves access to markets, while modern agricultural technology improves farming efficiency and productivity.
Downloads
References
Apriasi, F. Y., Rama, M. D., & Prasetyo, E. (2018). Pemanfaatan Teknologi Bagi Generasi Millenial: Konseling Berbasis Teks Menggunakan Riliv-Aplikasi Android. EXPERIENTIA : Jurnal Psikologi Indonesia, 6(1), 45–49. http://journal.wima.ac.id/index.php/EXPERIENTIA/article/view/1790
Azhar. (2017). Dampak Bantuan Program Corporate Social Responsibility (Csr)Pertanian Pt Agriconterhadap Pendapatan/Kesejahteraan Petani Jagung Di Bogor, Jawa Barat. 2588–2593.
Deng, H., Duan, S. X., & Wibowo, S. (2023). Digital technology driven knowledge sharing for job performance. Journal of Knowledge Management, 27(2), 404–425. https://doi.org/10.1108/JKM-08-2021-0637
Febrianti, V. P., Permata, T. A., Humairoh, M., Putri, O. M., Amelia, L., Fatimah, S., & Khastini, R. O. (2021). Analisis Pengaruh Perkembangan Teknologi Pertanian Di Era Revolusi Industri 4.0 Terhadap Hasil Produksi Padi. Jurnal Pengolahan Pangan, 6(2), 54–60. https://doi.org/10.31970/pangan.v6i2.50
Ikhsan, M., Mubarok, G., Saripudin, U., & Nuzula, Z. F. (2024). Perbedaan Harga pada Toko Online dan Offline Perspektik Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan. 39–44.
Ilyas, I. (2022). Optimalisasi peran petani milenial dan digitalisasi pertanian dalam pengembangan pertanian di Indonesia. Forum Ekonomi, 24(2), 259–266. https://doi.org/10.30872/jfor.v24i2.10364
Irviani, R. (2023). Digital Marketing : Sebagai Strategi Pemasaran Produk Home Industry di Wilayah Oku Timur. 6(27), 410–417.
Johan, D., Maarif, M. S., & Zulbainarni, N. (2022). Persepsi Petani Terhadap Digitalisasi Pertanian untuk Mendukung Kemandirian Petani. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 203–216. https://doi.org/10.17358/jabm.8.1.203
Meidiana, N. P. C., & Marhaeni, A. A. I. . (2019). Pengaruh Kepemilikan Aset, Ketersediaan Infrasturktur Rumah Tangga Miskin. Buletin Studi Ekonomi, 24(1), 54–69.
Pinontoan, N. A., & Ramadhona, C. F. (2024). Optimasi Pemasaran Digital Dan Media Sosial Untuk Peningkatan Daya Saing UMKM Desa Ngargoretno. 4(2).
Purnomo, L., Larasati, H., Jahroh, S., & Syaukat, F. I. (2024). The Rise Of Digital Marketing Agencies : Transforming Digital Business Trends. 10(1), 162–172.
Rahman, W., Azizah, J., Asir, M., & Wijayanto, G. (2024). Exploring Successful Social Media Marketing Strategies In Enhancing Brand Engagement With Consumers In The Digital Era Eksplorasi Strategi Pemasaran Media Sosial Yang Sukses Dalam Meningkatkan Interaksi Merek Dengan Konsumen Di Era Digital. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(1), 355–363. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Revinski, R., Adry, M. R., & Akbar, U. U. (2022). Pengaruh Infrastruktur Transportasi dan Urbanisasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Negara ASEAN. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Pembangunan, 4(2), 63. https://doi.org/10.24036/jkep.v4i2.13363
Riofita, H., Rifky, Mg., Raudatul Salamah, L., Asrita, R., Nurzanah, S., & Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, U. (2024). Perubahan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Tantangan Pasar Konsumen Di Era Digital. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(3), 21–26. https://doi.org/10.62017/jemb
Saadah, & Dini Verdania. (2023). Analisis Investasi Infrastruktur Sektor Transportasi Di Indonesia Berdasarkan Sumber Pembiayaan. Jurnal Ekuilnomi, 5(2), 416–424. https://doi.org/10.36985/ekuilnomi.v5i2.792
Setiawan, A., & Jani, J. (2021). Analysis Of Factors Affecting Farmers Decisions In Transferring Rice Farm Management To Dragon Fruit Farm Management. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 14, 79–95.
Setiawan, D., & Irawati, Z. (2023). Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis Pengaruh Strategi Pemasaran Digital , Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Mie Gacoan. 5. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i3.517
Shah, N., Zehri, A. W., Saraih, U. N., Abdelwahed, N. A. A., & Soomro, B. A. (2024). The role of digital technology and digital innovation towards firm performance in a digital economy. Kybernetes, 53(2), 620–644. https://doi.org/10.1108/K-01-2023-0124
Shiratina, A., Indika, D. R., Komariyah, I., Kania, D., Solihin, E. H., Kunci, K., Online, I., Online, P., Minat, D., & Konsumen, B. (2020). Pemasaran Online Melalui Penerapan Iklan Secara Digital. In Jurnal Sain Manajemen (Vol. 2, Issue 1). http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/index
Sugiantara, I. G. N. M., & Utama, M. S. (2019). Pengaruh Tenaga Kerja, Teknologi Dan Pengalaman Bertani Terhadap Produktivitas Petani Dengan Pelatihan Sebagai Variabel Moderating. Buletin Studi Ekonomi, 1. https://doi.org/10.24843/bse.2019.v24.i01.p01
Tri wahyuningsih. (2020). Ekonomi Publik (monalisa (ed.); 1st ed.). PT RajaGrafindo Persada.
Widyastuti, A. (2012). Analisis Hubungan Antara Produktivitas Pekerja Dan Tingkat Pendidikan Pekerja Terhadap Kesejahteraan Keluarga Di Jawa Tengah Tahun 2009. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 1(1), 1–11. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edaj
Yanti, I. R., Nuraeni, N., & Rasyid, R. (2022). Analisis Pendapatan dan Tingkat Kesejahteraan Rumahtangga Petani Kelapa Sawit di Desa Pebatae. Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis, 5(1), 1. https://doi.org/10.33096/wiratani.v5i1.84
Zafira, A., Hidayat, Y. R., & Eprianti, N. (2024). Pengaruh Strategi Pemasaran Offline dan Online pada Minat Beli Nasabah Bank Syariah Indonesia. Jurnal Riset Ekonomi Syariah (JRES), 4(1), 51–58. https://doi.org/10.29313/jres.v4i1.3724
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Rais, Miftahurrahmah Miftahurrahmah, Septria Susanti, Santi Deswita, Riska Fauziah Hayat, Faisal Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.