Pengaruh Perilaku Konsumsi Islam terhadap Pengendalian Diri pada Mahasiswa Penerima Beasiswa X

Authors

  • Andum Laras Kintani Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Islam Bandung
  • Arif Rijal Anshori Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jres.v1i2.497

Keywords:

Perilaku Konsumsi Islam, Pengendalian Diri

Abstract

Abstract. Consumption in Islam is defined as the fulfillment of something in the form of goods or services according to needs. In managing finances, students should be able to use it according to what is needed. The purpose of this study was to determine the effect of Islamic consumption behavior and self-control of students receiving the Bawaku scholarship at Unisba for the 2019/2020 academic year. The research method used is quantitative with the type of field data. Sources of data using primary and secondary data in the form of a questionnaire. Data analysis used descriptive statistics and simple linear regression which was processed using SPSS software. The sample in this study amounted to 67 Unisba students who received my scholarships for the 2019/2020 academic year. The result of this research is that the variable of Islamic consumption behavior on self-control is 1.645 < 1.997, it means tcount < ttable (1.645 <1.997) with a significance level of 0.105 > 0.05. From this, it can be concluded that Ho is accepted and Hi is rejected, which means that there is no positive and insignificant effect between the variables of Islamic consumption behavior on self-control. In the Islamic consumption variable (X) it can be seen that the total average value is 39.79 with a percentage of 82.90% and is in good criteria. While the self-control variable has an average value of 21.57 with a percentage of 67.40%, which means that it is in the moderate or sufficient criteria.

Abstrak. Konsumsi dalam Islam di definisikan sebagai pemenuhan atas sesuatu baik berupa barang ataupun jasa sesuai dengan kebutuhan. Dalam mengelola keuangan seharusnya mahasiswa dapat menggunakan sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumsi Islam dan pengendalian diri mahasiswa penerima beasiswa bawaku di unisba tahun ajaran 2019/2020. Metode peneltiain yang digunakan ialah kuantitatif dengan jenis data lapangan. Sumber data menggunakan data primer dan sekunder berupa kuesioner. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier sederhana yang diolah menggunakan software SPSS. Sampel dalam penelitian ini berjumlah  67 mahasiswa unisba penerima beasiswa bawaku tahun ajaran 2019/2020. Hasil dari penelitian ini bahwa pada variable perilaku konsumsi Islam terhadap pengendalian diri adalah 1,645 < 1,997 hal tersebut berarti  thitung  < ttabel (1,645 < 1,997) dengan tingkat signifikasi 0,105 > 0,05. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa berarti Ho diterima dan Hi ditolak yang berarti  tidak terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan antara variabel perilaku konsumsi Islam terhadap pengendalian diri. Pada variabel konsumsi Islam (X) dapat diketahui bahwa jumlah total nilai rata-rata sebesar 39,79 dengan persentase 82.90% dan berada pada kriteria baik. Sedangkan pada variabel pengendalian diri memiliki nilai rata-rata sebesar 21,57 dengan persentase 67,40% yang artinya berada pada kriteria sedang atau cukup.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Kelik Wardiono KD dan SR. Problema globalisasi: perspektif sosiologi hukum, ekonomi, dan agama. Muhammadiyah Univ Press. 2008;46.
[2] Zuliana. Prinsip Konsumsi Dalam Islam Berbasis Nilai Material Dan Spiritual (Analisis Konsep M. Abdul Mannan dan Aktualisasinya dengan Prinsip Konsumsi di Indonesia). Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang; 2015.
[3] Kurniati. Teori Perilaku Konsumen Perspektif Ekonomi Ekonomi Islam. J Ekon Syariah Indones. 2016;49.
[4] Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: J-ART; 2004. 154 p.
[5] Jenita. Konsep Konsumsi Dan Perilaku Konsumsi Islam. J Ekon dan Bisnis. 2017;2.
[6] Dewi Kumalasari&Yohanes Hadi Soesilo. Pengaruh Literasi Keuangan, Modernitas Individu, Uang Saku Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. J Pendidik Ekon. 2019;62.
[7] Regina C.M.Chita, Lydia David CP. Hubungan Antara Self-Control Dengan Perilaku Konsumtif Online Shopping Produk Fashion Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Angkatan 2011. J e-Biomedik. 2015;5.
[8] Fitri Yuyun Aisah. Pengaruh Pengendalian Diri Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Bisnis Angkatan 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. 2020.
[9] Arief Soma Darmawan. Pemilihan Beasiswa Bagi Mahasiswa STMIK WIDYA PRATAMA Dengan Metode Profile Matching. J Ilm ICTech. 2012;1.
[10] PP RI N 4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2008 Tentang Pendanaan Pendidikan [Internet]. 2008. p. 11. Available from: https://jdih.kemenkeu.go.id/
[11] Suhar Janti. Analisis Validitas Dan Reliabilitas Dengan Skala Likert Terhadap Pengembangan Si/Ti Dalam Penentuan Pengambilan Keputusan Penerapan Strategic Planning Pada Industri Garmen. Semin Nas Apl Sains Teknol. 2014;2.
[12] Wandy Zulkarnaen, Iis Dewi RW. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan PT. Alva Karya Perkasa Bandung. J Manajemen, Ekon dan Akunt. 2017;1:15.
[13] I Made Yuliara. Modul Regresi Linier Sederhana. J Mat Dan Ilmu Pengetah Alam. 2016;5.

Downloads

Published

2022-02-14