Tinjauan Fikih Muamalah dan UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terhadap Transaksi Jual Beli Dropshipping pada Marketplace X
DOI:
https://doi.org/10.29313/jres.v1i2.493Keywords:
Dropshipping, Fikih Muamalah, Undang – Undang No. 8 tahun 1999Abstract
Abstract. Dropshipping is a buying and selling system where dropshipping actors commonly called dropshipper can sell goods without having to stock goods. In practice, dropshipping transactions conducted by Bloomstore accounts through X's Marketplace feature are still lacking in the application of muamalah jurispruding and Law No. 8 of 1999 on Consumer Protection. This research aims to find out the application of muamalah jurispruding and Law No. 8 of 1999 on dropshipping transactions conducted by Bloomstore store accounts. This research method uses descriptive qualitative methods with a case study approach and type of data fields research (direct research in the field). The data obtained based on observations and interviews is equipped with library data in the form of books and journals that support this research. The results of this study are dropshipping activities carried out by X as the owner of Bloomstore store account has not been in accordance with the pillars and conditions determined based on muamalah jurispruding and provisions that must be considered by consumers and business actors stated in Law No. 8 of 1999 on Consumer Protection.
Abstrak. Dropshipping merupakan sistem jual – beli dimana pelaku dropshipping yang biasa disebut dropshipper bisa menjual barang tanpa harus menyetok barang. Dalam praktiknya, transaksi jual beli dropshipping yang dilakukan oleh akun Bloomstore melalui fitur Marketplace X ini masih terdapat kekurangan dalam penerapan fikih muamalah dan Undang – Undang No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan fikih muamalah dan UU No. 8 tahun 1999 pada transaksi jual beli dropshipping yang dilakukan oleh akun toko Bloomstore. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus dan jenis data fields research (penelitian langsung di lapangan). Data yang diperoleh berdasarkan hasil observasi dan wawancara dilengkapi dengan data pustaka berupa buku dan jurnal yang mendukung penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah aktivitas jual – beli dropshipping yang dilakukan oleh X sebagai pemilik akun toko Bloomstore belum sesuai dengan rukun dan syarat yang ditentukan berdasarkan fikih muamalah dan ketentuan yang harus diperhatikan oleh konsumen dan pelaku usaha yang dinyatakan dalam UU No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.
Downloads
References
[2] Bloomstore, X Pemilik Akun. “Wawancara Dengan Dropshipper Pemilik Akun Bloomstore,” 2021.
[3] Cahyadi, Iwan Fahri. “Sistem Pemasaran Dropship Dalam Perspektif Islam.” TAWAZUN : Journal of Sharia Economic Law 1, no. 1 (2018): 24.
[4] Celina Tri Siwi Kristiyanti. Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta: Sinar Grafika, 2008.
[5] Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). “DEWAN SYARIAH NASIONAL-MAJELIS ULAMA INDONESIA NO:110/DSN-MUI/IX/2O17 Tentang Akad Jual Beli,” no. 021 (2017): 1–6.
[6] Hardani, S.Pd., M.Si, M.Si Helmina Andriani, M.Si Jumari Ustiawaty, S.Si., Apt Evi Fatmi Utami, M.Farm., M.I.Kom Ria Rahmatul Istiqomah, M.Pd Roushandy Asri Fardani, S.Si., M.Sc Dhika Juliana Sukmana, S.Si., and Grad.Cert.Biotech Nur Hikmatul Auliya. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Edited by AK Husnu Abadi, A.Md. Cetakan Ke. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta, 2020.
[7] Indonesia, Republik. “UU No 8 Tahun 1999 Perlindungan Konsumen” (2004): 1–6.
[8] Maulana, Ridha. “Wawancara Dengan Dropshipper Pemilik Akun ‘Ridha Maulana,’” 2021.
[9] N. Eva Fauziah, Dra., M.Ag, M.E.Sy Eva Misfah, S.E.I., M.E.Sy Popon Srisusilawati, S.E.I., M.S.I Fahmi Fatwa Rosyadi Satria Hamdani, M.Hum Irma Yulita Silviany, S.S., and M.H Liza Dzulhijjah, S.H. Pedoman Penulisan Proposal Dan Skripsi 2020. Bandung: Fakultas Syariah Unisba, 2020.
[10] Panji Adam, S.sy., M.H. Fikih Muamalah Adabiyah. Bandung: PT. Refika Aditama, 2018.
[11] Prof. Dr. H. Jaih Mubarok, S.E., M.H., M. Ag., and M.Ag Dr. Hasanudin. Fikih Muamalah Maliyah Akad Jual Beli. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2018.
[12] Ristekdikti. Modul Rancangan Penelitian, 2019.
[13] Shobirin. “Jual Beli Dalam Pandangan Islam.” Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam Vo. 3 No.2 (2015).