Analisis SWOT terhadap Baitulmaal Muamalat (BMM) Jabar
DOI:
https://doi.org/10.29313/jres.v4i2.4626Keywords:
Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, BMM JabarAbstract
Abstrak. Pada masa Rasulullah SAW, di Baitul Maal belum ada tempat untuk menyimpan harta kekayaan yang diperoleh negara, karena pada saat itu harta kekayaan yang diperoleh tidak banyak dan harta kekayaan tersebut juga rencananya akan segera dibagikan kepada masyarakat. Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah donatur dan nominal dana yang dihimpun adalah dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat dan menarik. Strategi pemasaran merupakan ciri reputasi lembaga keuangan. Semakin banyak pelanggan yang diperoleh, semakin banyak produk yang akan disalurkan melalui lembaga keuangan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis serta mengidentifikasikan faktor internal maupun eksternal yang mempengaruhi keberhasilan strategi pemasaran pada setiap produk yang dilakukan oleh Baitul Maal Muammalat dengan menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat) dalam menghimpun dan mengelola dana yang terkumpul dari para muzzaki yang nantinya akan didistribusikan untuk setiap program kerja yang ada di Baitul Maal Muammalat. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan dua metode pengumpulan data, yaitu studi literatur dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis SWOT yang telah dilakukan adalah dengan dimilikinya banyak kekuatan dan juga kesempatan BMM Jabar dapat memaksimalkan penghimpunan dana baik melalui jaringan nasabah pada Bank Muamalat, pendekatan secara individu maupun bekerja sama dengan perusahaan lain untuk dapat menyalurkan zakat karyawannya pada BMM Jabar.
Abstract. During the time of Rasulullah SAW, there was no place in Baitul Maal to store the wealth obtained by the state, because at that time the wealth obtained was not much and the wealth was planned to be immediately distributed to the community. One way to increase the number of donors and the nominal funds collected is to implement appropriate and attractive marketing strategies. Marketing strategy is a characteristic of a financial institution's reputation. The more customers you acquire, the more products will be distributed through financial institutions. The purpose of this research is to analyze and identify internal and external factors that influence the success of the marketing strategy for each product carried out by Baitul Maal Muammalat by using SWOT (Strength, Weakness, Opportunity and Threat) analysis in collecting and managing funds collected from muzzaki who Later it will be distributed to every work program in Baitul Maal Muammalat. Researchers used descriptive qualitative methods with two data collection methods, namely literature studies and interviews. Based on the results of the SWOT analysis that has been carried out, it is clear that BMM Jabar has many strengths and opportunities to maximize fund collection either through customer networks at Bank Muamalat, individual approaches or in collaboration with other companies to be able to distribute its employees' zakat to BMM Jabar.
Downloads
References
Ach. Syafie, Abd. H. (2019). Strategi Pemasaran Tabungan Umum Syariah Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Di BMT UGT Sidogiri Capem Waru Perspektif Etika Bisnis Islam. Jurnal EKOMADANIA, 3(1), 1–25.
Adiwarman Azwar Karim. (2014). Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. RajaGrafindo Persada.
Agus Triyono. (2021). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Bintang Pustaka Madani.
Bayu Ananda Putra. (2024). Wawancara BMM Jabar.
Dwi Nurjanah Mashuri. (2020). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 97–112. https://doi.org/10.46367/jps.v1i1.205
Euis Amalia. (2005). Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam dari Masa Klasik hingga Kontemporer. Gramata Publishing.
I Gusti Ngurah Alit Wiswasta, Igusti Ayu Ari Agung, & I Made Tamba. (2018). Analisis SWOT (Kajian Perencanaan Model, Strategi, Dan Pengembangan Usaha). Unmas Press.
Johan Wahyu Wicaksono. (2023). IMPLEMENTASI KONSEP MARKETING MODEREN UNTUK STRATEGI PEMASARAN ZAKAT. Dinar : Jurnal Prodi Ekonomi Syariah, 6(2), 1–19. https://doi.org/10.61088/dinar.v6i2.555
Mahfud, M. H. (2020). Metode Penentuan Faktor-faktor Keberhasilan Penting dalam Analisis SWOT. AGRISAINTIFIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 3(2), 113. https://doi.org/10.32585/ags.v3i2.546
Maryam B. Ginau. (2016). Pengantar Metode Penelitian. PT Kasanius.
Rambe, D. N. S., & Aslami, N. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Pasar Global. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 213–223. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i2.853
Ririn Indah Lesatari. (2019). Manajemen Promosi Bmt Syahida Ikaluin Dalam Meningkatkan Keanggotaan Produk Simpanan Syahida. Mozaic : Islam Nusantara, 5(2), 187–206.
Tohirin. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Rajawali.
Widiyanto bin Mislan Cokrohadisumarto. (2016). BMT: Praktik dan Kasus. RajaGrafindo Persada.
Yaqin, H. N., & Manggala Wijayanti, I. (2023). Strategi Pemasaran dan SWOT dalam Pembangunan Brand Image dan Penguatan Pondasi Bank Syariah. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 49–56. https://doi.org/10.29313/jres.v3i1.1749
Yuliyanti M. Manan, A. K. N. (2021). Strategi Pemasaran Produk Penghimpunan Dana Tabungan Rinjani IB BSR Pada Bprs Bumi Rinjani Kepanjen Kantor Kas Lawang. Jurnal Perbankan Syariah Darussalam (JPSDa), 1(2), 151–165.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Intan Nurrachmi Intan, Cheira Baby Trie Cheira, Muhammad Taufik Taufik, Putri Azzara putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.