Pengaruh Transparansi terhadap Kepercayaan dalam Berinfaq Menggunakan Dompet Digital
DOI:
https://doi.org/10.29313/jres.v4i2.4354Keywords:
Infaq, Transparansi, Dompet DigitalAbstract
Abstrak. Teknologi saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Fasilitas teknologi ini merambah ke berbagai bidang, salah satunya yaitu industri keuangan. Dompet digital adalah salah satu inovasi Financial Technology (fintech) yang paling menonjol. Dompet digital menawarkan kemudahan dalam berinfaq. Kelemahan dari transaksi digital ini adalah donatur tidak dapat mengetahui secara jelas apakah dana yang diberikan telah tersalurkan dengan baik, jika tidak ada transparansi finansial dari lembaga sosial yang menerima dana donatur. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana transparansi dalam penggunaan dompet digital mempengaruhi kepercayaan donatur dalam berinfaq. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yang menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan mencari artikel terbitan antara tahun 2020 hingga 2024 yang diambil dari database berupa Google Scholar dengan kata kunci ”fundraising technology”, ”digital infaq”, ”transparansi infaq”, dan ”kepercayaan infaq digital”. Hasil penelitian menunjukkan artikel yang ditemukan dalam penelitian sebanyak 10 artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi yang telah ditentukan. Berdasarkan beberapa artikel cukup menjelaskan bahwa transparansi berpengaruh terhadap kepercayaan, sehingga sangat perlu diperhatikan agar donatur merasa aman mempercayakan dana mereka pada lembaga tersebut.
Abstract. Technology is currently experiencing very rapid development. This technological facility has expanded into various fields, one of which is the financial industry. Digital wallets are one of the most prominent innovations in Financial Technology (fintech). Digital wallets offer ease in making infaq donations. However, a weakness of digital transactions is that donors cannot clearly ascertain whether the funds given have been properly distributed if there is no financial transparency from the social institutions receiving the donor funds. Therefore, the purpose of this research is to examine how transparency in the use of digital wallets affects donor trust in infaq. This study is a library research employing a descriptive qualitative method. The research was conducted by searching for articles published between 2020 and 2024 from the Google Scholar database using keywords such as ”fundraising technology”, ”digital infaq”, ”transparansi infaq”, and ”kepercayaan infaq digital” The results of the study found 10 articles that met the predetermined inclusion criteria. Based on several articles, it is quite clear that transparency affects trust, making it crucial to ensure that donors feel secure in entrusting their funds to the organization.
Downloads
References
Azizah, N., Hasbi, S., & Yetty, F. (2021). Pengaruh Brand Awareness , Transparansi , Dan Kepercayaan. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 06(02), 111–125.
Galingging, Y. D., & Darmawan, N. A. S. (2023). Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Terhadap Public Trust (Studi pada Jemaat HKBP Cendana Nauli). JIMAT, 14(03), 559–570.
Handayani, K. (2020). Sistem Informasi Pengelolaan Ziswaf ( Zakat , Infaq ,. Jurnal Khatulistiwa Informatika, VIII(2), 114–120.
Herlizah, N., & Subali, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Dompet Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Kelurahan Cakung Timur, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Efektor, 10(2), 253–262. https://doi.org/10.29407/e.v10i2.20661
Huda, F. (2024). Strategi Digital Fundraising dalam Peningkatan Zakat, Infaq, dan Shadaqah di Lazismu Jombang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1), 115. https://doi.org/10.29040/jiei.v10i1.12118
Indra, M. O., Srisusilawati, P., & Hadiyanto, R. (2024). Analisis Penyaluran Dana ZIS di BAZNAS terhadap Penurunan Tingkat Kemiskinan. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 23–30. https://doi.org/10.29313/JRES.V4I1.3651
Janah, S. (2023). Manajemen Dana Zakat, Infaq, Dan Shodaqoh Pada Lazis Al-Haromain Cabang Kota Kediri. Al-Muraqabah: Journal of Management and Sharia Business, 3(1), 1–21. https://doi.org/10.30762/almuraqabah.v3i1.385
Marsela, D. A., Nathanael, J., & Marchelyta, N. (2022). Penggunaan E-Wallet sebagai Kemajuan Teknologi Digital dalam Menentukan Preferensi Masyarakat di Surabaya. Seminar Nasional Universias Negeri Surabaya, 01, 784–790.
Mubarok, I. S., & Idris, Moh. (2022). Penerapan Indikator Transparansi dalam Website Donasi Online. Universitas Islam Indonesia, 31, 9.
Natasya, F. (2022). STRATEGI PENGHIMPUNAN DANA ZIS (ZAKAT, INFAQ DAN SEDEKAH) MELALUI DIGITAL QRIS DI LAZNAS DAARUT TAUHIID PEDULI LAMPUNG.
Nugraha, S. L., & Fauzia, I. Y. (2021). Peran e-wallet dalam penghimpunan zakat, infak, dan sedekah (Studi kasus pada ovo, go-pay, dana, dan link-aja). Journal of Business and Banking, 11(1), 113–127. https://doi.org/10.14414/jbb.v11i1.2590
Nugraha, S., Malik, Z. A., & Himayasari, N. D. (2024). Efektivitas Penyaluran Zakat Produktif Melalui Program Pemberdayaan Ekonomi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahik. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 31–38. https://doi.org/10.29313/jres.v4i1.3666
Nurjannah, N. (2023). Trend Sedekah Generasi Millennial Melalui Dompet Digital. AL-IQTISHAD: Jurnal Ekonomi, 15(1), 176–191. https://doi.org/10.30863/aliqtishad.v15i1.4221
Nursalimah, S., Senjiati, I. H., & Anshori, A. R. (2021). Analisis Prioritas Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Muzakki dalam Berzakat, Infaq dan Sedekah di Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 1(1), 47–58. https://doi.org/10.29313/jres.v1i1.184
Putri, & Herman. (2022a). Pengaruh Model Penerimaan Teknologi dan Literasi Keuangan Syariah terhadap Niat Transaksi Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) Berbasis Digital (Studi Kasus Jabodetabek). Jurnal Ekonomi Syariah, 1(2).
Putri, T. M., & Herman, S. (2022b). Pengaruh Model Penerimaan Teknologi dan Literasi Keuangan Syariah terhadap Niat Transaksi Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) Berbasis Digital (Studi Kasus Jabodetabek). In Jurnal Ekonomi Syariah (Vol. 1, Issue 2). https://jurnal.ishlahiyah.ac.id/index.php/istimrar
Ritonga, K., Angraini, T., & Lubis, A. W. (2024). Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas dan Kualitas Pengelolaan Zakat, Infaq dan Shadaqoh terhadap Minat Masyarakat Berdonasi di Lembaga Amil Zakat Al-Washliyah. Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce, 3(1), 243–252.
Safitri, D. H., & Dzikrulloh, D. (2024). Enhancing Fundraising with Digital Transaction in Indonesia: A Systematic Literature Review (SLR). Perisai : Islamic Banking and Finance Journal, 8(1), 95–113. https://doi.org/10.21070/perisai.v8i1.1692
Sandy, U. A., & Sumaryanto. (2023). Pentingnya Transparansi dan Akuntabilitas Laporan Keuangan Dana Zakat Infaq dan Shadaqoh terhadap Kepercayaan Pembayar Zakat, Infaq, Shadaqoh di LAZISMU DIY. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5, 1059–1064. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i3.618
Saputra, B. (2024). Visa ungkap pengguna dompet digital RI meningkat 92 persen pada 2023. Antara Kantor Berita Indonesia.
Sri Apriliyani, Malik, Z. A., & Surahman, M. (2021). Peran Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Banjarnegara dalam Meningkatkan Perekonomian Kaum Dhuafa. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.29313/JRES.V1I1.100
Tuankumala, M. A., & Arminingsih, D. (2023). Peran Teknologi dalam Meningkatkan Efisiensi dan Transparansi Penyaluran Dana ZIS ( Zakat , Infak dan Sedekah ) pada Lembaga Amil Zakat Dompet Ummat Kalimantan Barat. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 1, 173–179.
Yanti, R. L., Nurida, I., & Rafiq. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penggunaan Dompet Digital (E-Wallet) sebagai Alat Transaksi di Tinjau dari Perspektif Ekonomi Islam. Journal of Islamic Economic and Finance, 3(3), 157–167.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Shaffina, Putri Nisrina, Athaya, Neneng Nurhasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.