Pengaruh Strategi Pemasaran Offline dan Online pada Minat Beli Nasabah Bank Syariah Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.29313/jres.v4i1.3724Keywords:
Pemasaran Offline, Pemasaran Online, Minat BeliAbstract
Abstract. The purpose of this study was to determine how the influence of offline marketing and online marketing on the buying interest of Bank Syariah Indonesia customers at KCP Unisba. This research uses a Quantitative approach with descriptive and Verification types, Primary data sources were obtained from research results through distributing questionnaires to respondents. While secondary data is obtained from library materials related to this research. The data analysis technique in the study used multiple Linear Regression, t test and correlation coefficient, the data collection method used a questionnaire. The results showed that offline marketing and online marketing simultaneously amounted to 64.8%. The results of this study indicate normal distribution data. Simultaneous hypothesis testing shows the value of F count which is greater than the F table, which means that H1 is accepted where offline and online marketing simultaneously affect the purchase intention of Bank Syariah Indonesia customers, partial hypothesis testing also shows the value of t count which is greater than t table with a positive value, which means that H1 is accepted and offline and online marketing has a positive effect on buying intention of Bank Syariah Indonesia customers.
Abstrak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemasaran offline dan pemasaran online terhadap minat beli nasabah Bank syariah Indonesia pada KCP Unisba. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis deskriptif dan Verifikatif, Sumber data primer diperoleh dari hasil penelitian melalui penyebaran kuesioner kepada para responden. Sedangkan data sekunder diperoleh dari bahan-bahan kepustakaan yang berhubungan dengan penelitian ini, Populasi dalam penelitian adalah seluruh nasabah BSI Unisba yang sudah pernah melakukan transaksi offline maupun online di KCP Unisba. Teknik analisis data pada penelitian menggunakan Regresi Linier berganda, uji t dan koefisien koelasi, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemasaran offline dan pemasaran online secara simultan adalah sebesar 64,8%. Hal ini mengandung arti bahwa pengaruh simultan yang diberikan oleh variabel pemasaran Offline dan Pemasaran Online terhadap Minat Beli adalah sebesar 64,8%. Sedangkan sisanya 36,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan data berdistibusi normal. Uji hipotesis secara simultan menunjukan nilai F hitung yang lebih besar dari F table yang artinya bahwa H1 diterima dimana pemasaran offline dan online secara simultan berpengaruh terhadap miant beli nasabah Bank Syariah Indonesia, Uji hipotesis secara parsial juga menunjukan nilai t hitung yang lebih besar dari t table dengan nilai positif yang artinya bahwa H1 diterima dan pemasaran offline maupun online berpengaruh positif terhadap miant beli nasabah Bank Syariah Indonesia.
Downloads
References
Adrian, Dennis, M Rachman, Dennis Adrian, and M Rachman. “Manfaat Pemasaran Media Sosial Pada Pembentukan Brand Awareness Toko Online” 2, no. 2 (2021): 215–22.
Ahmad Jauhari. “Strategi Pemasaran Dalam Perspektif Islam(Studi Kasus PT Mega Indah Sari Timor, Gowa),” 2020.
Aprilla, Ingga Widi, and Sholihati Amalia. “Peran Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Transportasi Online.” Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi 5, no. 1 (2019): 1–9. https://doi.org/10.35313/jrbi.v5i1.1611.
Aurellya, A., Rojak, A., Manggala, I., Hukum, P., & Syariah, E. (2023). Analisis Fikih Muamalah Terhadap Produk Surety Bond di PT. Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah. https://journal.sbpublisher.com/index.php/imsak
Chakti, G. The Book Of Digital Marketing: Buku Pemasaran Digital. Vol (1). Celebes Media Perkasa, 2019.
Cooper, D. R., & Schindler, P. S. Business Research Methods (12th Ed.). 12th ed. New York: McGraw Hill Irwin, 2014.
Ghozali, Imam & Ratmono. Analisis Multivariat Dan Ekonometrika: Teori, Konsep, Dan Aplikasi, 2017.
Mubarokah, A. (2023). Market Religion and Religion Marketplace in Digital World. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 15–26. https://doi.org/10.29313/jres.v3i1.1724
Nadianti, N. A., & Anshori, A. R. (2023). Tinjauan Fikih Muamalah terhadap Praktik Jual Beli dengan Sistem Cashback di Tokopedia. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 27–34. https://doi.org/10.29313/jres.v3i1.1738
Puspita Dewi, Inggriane, Alshyra Millenia Supriatna, and Nur Rohmah Suwandi. “Hubungan Religiusitas Islam Dengan Kepatuhan Protokol Kesehatan Covid-19 Pada Masyarakat.” Jurnal Keperawatan ’Aisyiyah 9, no. 2 (2022): 163–71. https://doi.org/10.33867/jka.v9i2.317.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode penelitian untuk bisnis: Pendekatan pengembangan-keahlian (Edisi 6, B). Salemba Empat.