Analisis Prioritas Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Muzakki dalam Berzakat, Infaq dan Sedekah di Masa Pandemik Covid-19

Authors

  • Sifa Nursalimah Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah Universitas Islam Bandung
  • Ifa Hanifia Senjiati Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jres.v1i1.184

Keywords:

Prioritas, Faktor, Minat, ZIS

Abstract

Abstract. The presence of the covid-19 pandemic in Indonesia has had a significant impact on the declining Indonesia economy. However, in the midst of the covid-19 pandemic, the collection of ZIS at BAZNAS West Java actually increased by 23,85% in the first semester of 2020 when compared to the first semester 2019. Even though many people have lost their livelihoods. The increase in ZIS collection is influenced by several factor that influence muzakki’s interest in tithing, infaq and alms, namely income, religiosity, knowledge and belief. The four factors have different values and influences. The purpose of this is to find out which of the four factors is a priority factor for muzakki’s interest in fulfilling ZIS at BAZNAS West Java. The research method used is descriptive qualitative, with the type of field data. The data sources used are primary and secondary. Data collection techniques through observation, questionnaires, interviews and documentation. While the data analysis technique is using the AHP (Analyical Hierarchy Proces) method. The results of this study are that the general description of the income of muzakki’s in BAZNAS West Java is the majority of ASN with income > Rp. 6.800.000, with a fairly high level of religiosity and good knowledge and belief in BAZNAS. While the priority factors of muzakki’s interest in fulfilling ZIS are income (0,317), religiosity (0.296), belief (0.194) and knowledge (0.193).

Abstrak. Hadirnya pandemik covid-19 di Indonesia memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap perekonomian Indonesia yang mengalami penurunan. Namun di tengah pandemik covid-19, penghimpunan ZIS di BAZNAS Jawa Barat justru mengalami peningkatan sebesar 23,85% pada semester I tahun 2020 jika dibandingkan semester I tahun 2019. Padahal banyak masyarakat yang kehilangan mata pencahariannya. Peningkatan penghimpunan ZIS ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mempengaruhi minat muzakki dalam berzakat, infaq dan sedekah yaitu pendapatan, religiusitas,  pengetahuan dan kepercayaan. Keempat faktor tersebut mempunyai nilai dan pengaruh yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mana dari ke empat faktor tersebut yang menjadi faktor prioritas minat muzakki dalam menunaikan ZIS di BAZNAS Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan jenis data lapangan. Sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchi Process). Hasil penelitian ini adalah bahwa gambaran umum pendapatan muzakki di BAZNAS Jawa Barat mayoritas ASN dengan pendapatan > Rp. 6.800.000, dengan tingkat religiusitas yang cukup tinggi dan memiliki pengetahuan dan kepercayaan yang baik terhadap BAZNAS. Sedangkan faktor prioritas minat muzakki dalam menunaikan ZIS adalah pendapatan (0,317), religiusitas (0,296), kepercayaan (0,194) dan pengetahuan (0,193).

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
[2] Akbar, Refki Kurniadi., Ifa Hanifia Senjiati., & Arif Rijal Anshori. (2020). Analisis Efisiensi Kinerja BAZNAS Kota Bandung Dalam Pengelolaan Dana Zakat Menggunakan Metode Data Envelopment Analysis. Prosiding Hukum Ekonomi Syariah, Vol. 6 No. 2.
[3] Amanda, G. (2020, Januari Jumat). Masa Pandemik 2020, Penghimpunan Baznas Naik 30 Persen. Dipetik Maret Jumat, 2021, dari republika.co.id: https://www.republika.co.id/berita/qm91di423/masa-pandemi-2020-penghimpunan-baznas-naik-30-persen
[4] Anggita, A., & Yuliafitri, I. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan dan Pelayanan Lembaga Amil Zakat Terhadap Minat Membayar Zakat di Lembaga Amil Zakat. Jurnal ISEI: Accounting Review, Vol. IV No. 1.
[5] Bona, M. F. (2020, April Jumat). Fatwa MUI: Zakat Boleh Tangani Covid-19. Dipetik Juni Minggu, 2021, dari https://www.beritasatu.com/nasional/624959fatwa-mui-zakat-boleh-untuk-tangani-covid19,
[6] Departemen Agama RI. (2016). Al-Quran Tajwid dan Terjemah. Bandung: CV Penerbit Diponegoro.
[7] Harisah, Hoironi, Sa'adah, M., & Jalil, A. (2021). Peran Zakat Dalam Pemulihan Ekonomi Saat Pandemi Covid-19. Syar'ie, Vol. 4 No. 1.
[8] Hasanah, U. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fikih Melalui Penerapan Metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize, Test) Peserta Didik Kelas V di MI Ismaria Al-Qur’aniyah Islamiyah Raja Basa Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8 No. 1.
[9] Heriawan, S. (2016). Pola Komunikasi Kelompok Pada Komunitas Scooter “Vespa” Dalam Menjalin Hubungan Solidaritas (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Komunitas Ikatan Scooter Wonogiri di Wonogiri. Naskah Publikasi Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta.
[10] Juliani, G. P., Srisusilawati, P., & Hidayat, Y. R. (2020). Giri Putri Juliani, dkk, Analisis Faktor-Faktor Prioritas Minat Konsumen dalam Memilih Hotel Syariah di Kota Bandung. Prosiding Hukum EKonomi Syariah, Vol.6 No. 2.
[11] Khairina, N. (2019). Analisis Pengelolaan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) Untuk Meningkatkan Ekonomi Duafa (Studi Kasus di Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Cabang Medan). At-Tawassuth, Vol. IV No. 1.
[12] Tho'in , M., & Marimin, A. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Muzakki Dalam Membayar Zakat. Proceeding Seminar Nasional & Call For Papers.
[13] Mirawati, N., Tanjung, H., & Arif, S. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Muzakki Untuk Berzakat di Baznas Kota Bogor,. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, Vol. 19 No. 1.
[14] Rakhmania, N. A. (2018). Pengaruh Pendapatan, Religiusitas, Kepercayaan dan Pengetahuan Terhadap Minat Muzakki Mengeluarkan Zakat Melalui Lembaga Amil Zakat di Kota Malang. Skripsi Universitas Brawijaya Malang.
[15] Rinaldi, S. F., & Hidayah, Z. (2017). Metodologi Penelitian dan Statistik. Jakarta: Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan.
[16] Saaty, T. L. (2008). Decision Making with the Analytic Hierarchy Process. Int. Journal Services Sciences, Vol.1 No. 1.
[17] Tho'in, M., & Marimin, A. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Muzakki Dalam Membayar Zakat. Proceeding Seminar Nasional & Call For Paper.
[18] Triyawan, A., & Aisyah , S. (2016). Islamic Economics Journal, Vol. 2 No. 1.
[19] Uyun, Q. (2015). Zakat, Infaq, Shadaqah dan Wakaf Sebagai Konfigurasi Filantropi Islam. Islamuna, Vol. 2 No. 2.
[20] Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. Banda Aceh: FTK Ar-Raniry Press.

Downloads

Published

2021-10-26