Strategi Pemasaran dan SWOT dalam Pembangunan Brand Image dan Penguatan Pondasi Bank Syariah
DOI:
https://doi.org/10.29313/jres.v3i1.1749Keywords:
Bank Syariah, Strategi Pemasaran, Brand ImageAbstract
Abstract.The development of the Islamic banking industry has made the Indonesian banking world more global, Islamic banks have prioritized cooperatives whose benefits can be obtained through a profit sharing system that has been agreed upon between the customer and the bank. The marketing strategy is carried out by Islamic banks to increase Brand Image to the public. There are still several reasons that influence consumer considerations so they want to join as customers of Islamic banks. One of them comes from the marketing strategy carried out by Islamic banks through the marketing mix strategy.The research method used is qualitative grounded theory approach. Data collection techniques interviews, questionnaire and literature studies. Data analysis technique Qualitative descriptive analysis technique. This research was conducted in July two thousand twenty-two to October two thousand twenty-two. The results of the study show that the Marketing Strategy of Bank BSI KC Bandung Asia Africa in building a Brand Image, for the choice of strategic techniques for Bank BSI KC Bandung Asia Africa is the Conglomerate diversification Strategy which means adding new products and marketing them to new markets that are not related to the current one.
Abstrak.Perkembangan industri perbankan syariah membuat dunia perbankan Indonesia menjadi lebih global, bank syariah lebih mengutamakan kooperatif yang keuntungannya bisa didapatkan melalui sistem bagi hasil yang sudah disepakati antara nasabah dengan pihak bank. Strategi Pemasaran dilakukan oleh Bank Syariah untuk meningkatkan Brand Image kepada masyarakat. Masih terdapat beberapa alasan yang berpengaruh terhadap pertimbangan konsumen supaya mau bergabung menjadi nasabah bank syariah. Salah satunya berasal dari strategi pemasaran yang dilakukan oleh bank syariah melalui strategi bauran pemasaran. Metode Penelitian yang digunakan kualitatif pendekatan grounded theory. Teknik pengumpulan data wawancara, kuesioner dan studi literatur. Teknik analisis data Teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan juli 2022 sampai dengan bulan oktober 2022. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pemasaran Bank BSI KC Bandung Asia Afrika dalam membangun Brand Image, untuk pilihan teknik strategis Bank BSI KC Bandung Asia Afrika adalah Strategi diversificationConglomerate yang berarti penambahan produk baru dan dipasarkan pada pasar baru yang tidak terkait dengan yang ada saat ini.
Downloads
References
[2] Habibulloh. Strategi Pemasaran Pada Produk Tabungan Haji Di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Rogojampi. RIBHUNA J Keuang [Internet]. 2022;1(1):22–38. Available from: http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/ribhuna/article/view/1275/817
[3] Yulianti Y, Srisusilawati P, Nurrachmi I. Analisis Strategi Pemasaran Syariah terhadap Bakar Uang pada Perusahaan E-Commerce. Pros Huk Ekon Syariah [Internet]. 2021;7(2):505–8. Available from: http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/31119/pdf
[4] Toriquddin M. ETIKA PEMASARAN PERSPEKTIFAL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA DALAM PERBANKAN SYARI’AH. Jure, J Syariah dan Huk. 2015;7(2):116–25.
[5] Dwinanda G, Nur Y. BAURAN PEMASARAN 7P DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA INDUSTRI RETAIL GIANT EKSPRES MAKASSAR. J Mirai Manag terakreditasi Nas [Internet]. 2020;6(1):120–36. Available from: https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/690
[6] Ulfa A. Dampak Penggabungan Tiga Bank Syariah di Indonesia. J Ilm Ekon Islam. 2021;7(2).
[7] Nasution. Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara; 1996.
[8] Azizah W. Tinjauan Hukum Islam Tentang Jual Beli Tempe dengan bahan dasar campuran (Studi Pada Pasar Tradisional Sukarame Bandar Lampung). Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung; 2017.
[9] Prasetya Y. Strategi Pemasaran dan Akselerasi Bank BSI. Bandung; 2022.