Tinjauan Pelayanan Islam terhadap ‎Pelayanan Medis di Rumah Sakit X ‎Kota Bandung

Authors

  • Risma Wulandari Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Islam Bandung
  • Arif Rijal Anshori Hukum Ekonomi Syari'ah, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jres.v2i2.1475

Keywords:

Etika, Pelayanan, Rumah Sakit

Abstract

Abstract. X Hospital Bandung City as a health institution that applies Islamic ethical values in serving its health, faces several problems including the lack of transparency to the patient's family in carrying out risky medical actions. Related to this, the problem is formulated in the form of questions as follows: What are the service provisions according to Islamic service ethical values? How is the ‎‎implementation and implementation of the health care system for patients at X Hospital in Bandung? And how is the review of Islamic services on medical ‎‎services for patients at X Hospital in Bandung?The research method used is qualitative analysis through an empirical juridical approach by analyzing the implementation of health services in the ER at X Hospital in Bandung City and then reviewed according to the ethical values of Islamic services.The results showed that the provision of health services for patients according to the ethical values of Islamic services is that which has the characteristics of akhlaqiyah, waqi'iyah (flexible and not rigid) and insaniyah, services at X Hospital in Bandung City already have a good and complete organization, and Islamic service ethics applied to services at the X Hospital in Bandung City is considered quite good.

Abstrak. Rumah Sakit X Kota Bandung sebagai lembaga ‎kesehatan yang ‎menerapkan nilai-nilai etika Islam ‎dalam melayani kesehatannya, menghadapi ‎beberapa ‎permasalahan diantaranya belum ada transparansi ‎kepada keluarga ‎pasien dalam melakukan tindakan ‎medis yang berisiko. Terkait hal tersebut, maka ‎‎dirumuskan permasalahan ke dalam bentuk pertanyaan ‎sebagai berikut : ‎Bagaimana ketentuan pelayanan ‎menurut nilai-nilai etika pelayanan Islam ? ‎Bagaimana ‎pelaksanaan dan penerapan sistem pelayanan ‎kesehatan bagi pasien di ‎RS X Kota Bandung ? Dan ‎bagaimana tinjauan pelayanan Islam terhadap ‎‎pelayanan medis bagi pasien di RS X Kota Bandung ?‎ Metode penelitian yang digunakan adalah analisis ‎kualitatif melalui ‎pendekatan yuridis empiris dengan ‎melakukan analisis pelaksanaan pelayanan ‎kesehatan ‎pada UGD di RS X Kota Bandung kemudian ditinjau ‎menurut ‎nilai-nilai etika Pelayanan Islam.‎ Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketentuan ‎pelayanan kesehatan bagi ‎pasien menurut nilai-nilai ‎etika pelayanan Islam adalah yang memiliki ‎‎karakteristik akhlaqiyah, waqi’iyah (luwes dan tidak ‎kaku) dan insaniyah, ‎pelayanan pada RS X Kota ‎Bandung sudah memiliki organisasi yang baik ‎dan ‎lengkap, serta Etika pelayanan Islam yang diterapkan ‎pada Pelayanan pada ‎Rumah Sakit X Kota Bandung ‎dipandang cukup baik.‎

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, Hidayat, and Aziz Alimul. 2007. Pengantar Konsep Dasar Keperawatan Eds 2. Jakarta: Salemba ‎Medika.

Aningrum, Anggie Septie. 2018. “Analisis Penerapan Etika Dan Hukum Kesehatan Pada ‎Pemberian Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Nene Mallomo Kota ‎Sidenreng Rappang.” Jurnal Ilmiah : Manusia Dan Kesehatan 1(3).

Ayuningtyas, D. 2015. Kebijakan Kesehatan Prinsip Dan Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kartajaya, Hermawan, and Muhammad Syakir Sula. 2006. Syariah Marketing. Bandung: Mizan.

Kusmurdani, Hikmat. 2021. “Analisis Pelayanan Islami Dalam Manajemen Rumah Sakit ‎Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Al-Islam Bandung.” Jurnal ‎Spesia UNISBA 7(1).

Mukharom, and Havis Aravik. 2020. “Kebijakan Nabi Muhammad Saw Menangani Wabah ‎Penyakit Menular Dan Implementasinya Dalam Konteks Menanggulangi ‎Coronavirus Covid-19.” Jurnal Sosial & Budaya Syar-I 7(3).

Natsir, Muhammad. 2013. Metode Penelitian. Jakarta: CV Bumi Aksara.

Shodiq, Subhan. 2020. “Penanganan Covid-19 Dalam Pendekatan Kaidah Fikih Dan Ushul Fikih; Analisis Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar Di Bidang Keagamaan.” Jurnal Hukum Dan Politik Islam 5(2).

Susanto, Anang Arif. 2003. Dimensi Pelayanan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Tjiptono, Fandy. 2012. Manajemen Jasa Edisi Keenam. Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2022-12-21