Tinjauan Fikih Muamalah terhadap Praktik Jual Beli Buku dengan Sistem Random pada Toko Online "fmqs.bookstore19" di Aplikasi Shopee

Authors

  • Citra Mega Mayasari Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Islam Bandung
  • Neneng Nurhasanah Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jres.v2i2.1151

Keywords:

Jual Beli, Sistem Random, Fikih Muamalah

Abstract

Abstract. Buying and selling online creates various forms of new transactions, one of which is the sale and purchase of random system books at the online store fmqs.bookstore19 on the Shopee application which in practice if the buyer gets a book that is not what he wants it causes disappointment so that unwillingness arises. The purpose of this study is to find out how the practice of buying and selling books on a random system at the online store fmqs.bookstore19 and how this practice is viewed from the fiqh of muamalah. The research method used is qualitative with a case study approach, data collection techniques are observation, interviews, and literature study. The result of the research is that the practice of buying and selling books on a random system is carried out through the Shopee application from purchase, payment, buyers can only choose the type and genre of the book, the seller will send books according to the type and genre offered at a predetermined price without explaining the condition of the book. According to fiqh muamalah, the sale and purchase from the object side contains elements of gharar and maysir. As for the subject, it violates the principle of inter-taradhin.

Abstrak. Jual beli online membuat timbulnya beragam bentuk transaksi baru, salah satunya jual beli buku sistem random di toko online fmqs.bookstore19 pada aplikasi Shopee yang pada pelaksanaannya jika pembeli mendapatkan buku yang tidak sesuai keinginannya menimbulkan kekecewaan sehingga muncul ketidakrelaan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana praktik jual beli buku sistem random di toko online fmqs.bookstore19 dan bagaimana praktik tersebut ditinjau dari fikih muamalah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitiannya adalah praktik jual beli buku sistem random ini dilakukan melalui aplikasi Shopee dari mulai pembelian, pembayaran, pembeli hanya bisa memilih jenis dan genre buku, penjual akan mengirim buku sesuai dengan jenis dan genre yang ditawarkan dengan harga yang sudah ditetapkan tanpa menjelaskan kondisi bukunya. Menurut fikih muamalah jual beli tersebut dari sisi objeknya mengandung unsur gharar dan maysir. Adapun dari sisi subjeknya, melanggar prinsip an-taradhin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Aswaja Pressindo.

Adam, P. (2017). Fikih Muamalah Maliyah (Konsep, Regulasi, dan Implementasi) (Anna (ed.); 1st ed.). PT Refika Aditama.

Al-Asqalani, A.-H. I. H. (2013). Terjemahan Bulughul Maram. Pustaka Imam Adz-Dzahabi.

Hasan, A. . (2018). Fiqh Muamalah dari Klasik Hingga Kontemporer (Teori dan Praktek). UIN-Maliki Press.

Laraswati, M., Adam, P., Putra, A., & Rohmah, I. S. (2021). Tinjauan Fikih Mamalah terhadap Implementasi Jual Beli Akad Istishna ’ di Konveksi X. Sharia Economic Law, 1(1), 6–13.

Maryani, M., Billah, Z. I., & Sari, I. (2020). Pelaksanaan Jual Beli Ijon Di Desa Segaran Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo Menurut Madzhab Imam Syafi’i. LAN TABUR : Jurnal Ekonomi Syariah, 1(2), 121–136. https://doi.org/10.53515/lantabur.2020.1.2.121-136

Muslich, W. . (2017). Fiqh Muamalat (Lihliati (ed.); 1st ed.). AMZAH.

Oktasari, O. (2021). Al-Khiyar dan Implementasinya dalam Jual Beli Online. Jurnal Aghinya Stiesnu Bengkulu, 4(1), 44.

Pratiwi, T. E., Srisusilawati, P., & Manggala, I. (2021). Pengaruh Implementasi Prinsip Konsumen Islami terhadap Penggunaan Jasa Shopee Paylater. Prosding Hukum Ekonomi Syariah, 7(2), 402–407. http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/29002

Putu Agung, A. A., & Yuesti, A. (2019). Metode Penelitian Bisnis Kualitatif dan Kuantitatif. CV Noah Aletheia.

Salim, & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif (Haidir (ed.); Revisi cet). Citapustaka Media.

Shohanji, A., & Muhammad, A. A. (1993). Tarjamah Sunan Ibnu Majah Jilid III. CV Asy Syifa’.

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In A. Mujahidin (Ed.), Journal of Chemical Information and Modeling. CV Nata Karya.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup (ed.)). Literasi Media Publishing.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. PT Fajar Interpratama Mandiri.

Downloads

Published

2022-12-20