Pengaruh Tingkat Pendidikan, Ukuran Usaha dan Sosialisasi SAK EMKM terhadap Penyusunan Laporan Keuangan
DOI:
https://doi.org/10.29313/jra.v3i2.2800Keywords:
Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK EMKM, Ukuran Usaha, Tingkat PendidikanAbstract
Abstract. Micro, Small and Medium Enterprises (UMKM) have a significant role in the development and growth of the economy in Indonesia. However, the increase in the number of MSMEs is inseparable from obstacles. One of the obstacles is that there are still many MSMEs that have not prepared financial reports in accordance with applicable standards. This study aims to determine the effect of education level, business size and socialization of SAK EMKM on the preparation of financial reports based on SAK EMKM. The research method used in this study is a verification method with a quantitative approach. The data source used in this study is primary data obtained from questionnaires distributed via the Google form. The sampling technique in this study is the Purposive Sampling Technique. The results of this study state that the level of education, business size and socialization of SAK EMKM have an influence on the preparation of financial reports.
Abstrak. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan yang cukup besar dalam perkembangan dan pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Namun, dengan meningkatknya jumlah UMKM tidak terlepas dari kendala. Salah satu kendalanya yaitu masih banyaknya UMKM yang belum melakukan penyusunan laporan keuangan sesuai dengan standar yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari tingkat pendidikan, ukuran usaha dan sosialisasi SAK EMKM terhadap penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan melalui google form. Adapun Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu Teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa tingkat Pendidikan, ukuran usaha dan sosialisasi SAK EMKM memiliki pengaruh terhadap penyusunan laporan keuangan.
References
Andari, A. T., Setianingsih, N. A., & Aalin, E. R. (2022). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Ukuran Usaha dan Sosialisasi SAK EMKM Terhadap Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK EMKM. Owner, 6(4). https://doi.org/10.33395/owner.v6i4.1109
Franciska, J. H., Nurcholisah, K., & Nurhayati. (2015). Analisis Akuntabilitas dan Transparansi Laporan Keuangan terhadap Retensi Muzakki pada Lembaga Amil Zakat (Studi Kasus pada Rumah Yatim Cabang Antapani Bandung). Prosiding Akuntansi Seminar Penelitian Sivitas Akademika Unisba.
Ghozali. (2013). Uji Normalitas Data. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Hardiyanti, K., & Nurcholisah, K. (2023). Pengaruh Kualitas Pelaporan Keuangan dan Debt Maturity Terhadap Efisiensi Investasi. Jurnal Riset Akuntansi, 3(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/jra.v3i1.1759
Jehan Ahsha Kamilan, & Nurcholisah, K. (2022). Pengaruh Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan dan Jiwa Kewirausahaan terhadap Kinerja Operasional UMKM. Jurnal Riset Akuntansi. https://doi.org/10.29313/jra.v2i1.975
Kasir. (2020). Persepsi dan Pemahaman Pelaku Usaha UMKM Terhadap Berlakunya Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 6(3).
Lohanda, D., & Mustikawati, R. I. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akuntansi, Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan terhadap Pelaporan Keuangan UMKM. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 6(5).
Muhamad Lutfi Ramdhani, Nurleli, & Andhika Anandya. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan dan Penerapan E-commerce terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Riset Akuntansi. https://doi.org/10.29313/jra.v2i2.1331
Sofianty, D., & Herlina, L. (2020). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Mekanisme Good Corporate Governance terhadap Tax Avoidance. Kajian Akuntansi, 21(2).
SUGIYONO, S. (2018). ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN TRADISIONAL ANAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN DAN ABDIMAS TAHUN 2018, 138–148.