Analisis Pengukuran Kinerja dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada LKP X

Authors

  • Mita Octavia Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Kahuripan Kediri
  • Stevanus Gatot Supriyadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Kahuripan Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29313/jra.v3i2.2756

Keywords:

Balanced Scorecard, Kinerja, Pengukuran Kinerja

Abstract

Abstract. The object of this research is in LKP X and utilizes the Balanced Scorecard method to measure four aspects such as financial, customer, internal business, learning and growth. This approach aids in long-term planning. Primary data sources include financial reports from 2021 to 2022, questionnaires, and secondary data. Data collection methods encompass distributing questionnaires, documentation, and interviews, while data analysis employs a descriptive approach. The research findings indicate a favorable financial perspective with an ROI value of 9.68%. However, the Profit Margin (PM) perspective falls short with a value of -12.26%, while the operating ratio is deemed satisfactory at 111.8%. Customer satisfaction, from a customer perspective, is highly favorable with an average score of 144.2. The perspective of internal business performance is good with a value of 3.5%. And the performance of learning and growth aspect indicates positive performance with an average value of 22.5.

.

Abstrak. Studi ini dilakukan di LKP X dengan menggunakan metode Balanced Scorecard untuk mengukur keempat perspektif didalamnya: keuangan, pelanggan, bisnis internal, pembelajaran dan pertumbuhan. Pendekatan ini membantu dalam perencanaan jangka panjang. Sumber data utama mencakup laporan keuangan dari tahun 2021 hingga 2022, kuesioner, serta data sekunder. Metode pengambilan data mencakup dokumentasi, wawancara serta penyebaran kuesioner,  sedangkan analisa data menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan perspektif keuangan yang positif dengan nilai ROI sebesar 9,68%. Namun, dari perspektif Profit Margin (PM), masih kurang dengan nilai -12,26%, sementara Operating Ratio dalam kondisi baik dengan nilai 111,8%. Perspektif pelanggan menunjukkan hasil memuaskan dengan nilai rata-rata 144,2. Aspek bisnis internal menunjukkan kinerja yang baik dengan nilai 3,5%. Dan perspektif learning and growth menunjukkan kinerja positif dengan nilai rata-rata sebesar 22,5.

References

Abdurrachman, A., Bryan Givan, B. G., Rizky Amalia, R. A., Ninuk Riesmiyantiningtias, N. R., Alan Budi Kusuma, A. B. K., & Syah Putra, A. (2022). Implementation of the Balanced Scorecard as a measuring tool for company performance ( Case Study at PT. ARS Maju Sentosa). International Journal of Educational Research & Social Sciences, 3(2), 1049–1058. https://doi.org/10.51601/ijersc.v3i2.358

Alifia Nabila, & Andhika Anandya. (2022). Studi tentang Implementasi Strategi Bersaing dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi. https://doi.org/10.29313/jra.v2i1.974

Faradiba, N. (2021). Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Balanced Scorecard Pada PT. Asam Jawa Medan. Skripsi.

Funam Islamidina, & Epi Fitriah. (2022). Analisis Penerapan Balanced Scorecard dalam Meningkatkan Kinerja Manajerial. Jurnal Riset Akuntansi. https://doi.org/10.29313/jra.v2i1.685

Hanuma, S., & Kiswara, E. (2011). Analisis Balance Scorecard sebagai Alat Pengukur Kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada PT Astra Honda Motor). Jurnal Ekonomi, 9(2), 109–117.

Kosasih, M. S. A., & Suprapti. (2020). Analisis Penilaian Kinerja Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard Di Rumah Sakit Dr.Etty Asharto Batu. Jurnal Akuntansi Dan Perpajakan, 6(2), 101–112. https://doi.org/10.26905/ap.v6i2.4277

Mahsun, M. (2013). Pengukuran Kinerja Sektor Publik. BPFE.

Muhamad Lutfi Ramdhani, Nurleli, & Andhika Anandya. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan dan Penerapan E-commerce terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Riset Akuntansi. https://doi.org/10.29313/jra.v2i2.1331

Ningsih, N. N. (2018). Analisis Pengukuran Kinerja Rumah Sakit Dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang). Skripsi.

Pandaleke, R. B., Tinangon, J. J., & Wangkar, A. (2021). Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Alternatif Pengukuran Kinerja Pada Pt. Bank Sultgo Cabang Ratahan. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 1018–1028.

Sulawati. (2022). Penerapan Balanced Scorecard sebagai Tolak Ukur Kinerja Rumah Sakit di Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Andi Makkasau Parepare. Jurnal Kewirausahaan, 8(3), 289–296.

Downloads

Published

2023-12-23