https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Analisis Perbandingan Laporan Keuangan PT. X dan PT. Y

Authors

  • Hafidz Mustofa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Ponorogo
  • Febryan Bagas Satrio Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Ponorogo
  • Dzaky Ahmad Saptanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Ponorogo
  • Eksa Aldi Saputra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.29313/jra.v3i2.2330

Keywords:

Manajemen, Kinerja Keuangan, Perusahaan Makanan

Abstract

Abstract. This article discusses the importance of effective management and solid financial performance in maintaining the competitiveness of food companies. The focus of this study is on PT. X and PT. Y as examples in the food industry. The study employs a qualitative descriptive analysis approach by studying the financial reports of the past two years. The research findings indicate that despite facing intense competition and the impact of the pandemic, PT. X and PT. Y have demonstrated solid financial performance. The evaluation of the companies' performance during the period is conducted through the analysis of financial ratios such as current ratio, quick ratio, cash ratio, debt to assets ratio, and net profit margin. The analysis results show that PT. X has experienced improvements in several financial ratios, while PT. Y has shown fluctuations. In conclusion, good management and strong financial performance are crucial factors in maintaining the sustainability and growth of food companies in a competitive market.

Abstrak. Artikel ini membahas pentingnya manajemen yang efektif dan kinerja keuangan yang solid dalam mempertahankan daya saing perusahaan makanan. Fokus penelitian ini adalah pada PT. X dan PT. Y sebagai contoh perusahaan dalam industri makanan. Dalam studi ini, dilakukan analisis deskriptif kualitatif dengan mempelajari laporan keuangan dua tahun terakhir. Temuan penelitian menunjukkan bahwa meskipun menghadapi persaingan yang ketat dan dampak pandemi, PT. X dan PT. Y tetap memperlihatkan kinerja keuangan yang solid. Evaluasi kinerja perusahaan dalam periode tersebut dilakukan melalui analisis rasio keuangan seperti current ratio, quick ratio, cash ratio, debt to assets ratio, dan net profit margin. Hasil analisis menunjukkan bahwa PT. X mengalami peningkatan dalam beberapa perhitungan rasio keuangan, sementara PT. Y mengalami fluktuasi. Kesimpulannya, manajemen yang baik dan kinerja keuangan yang kuat merupakan faktor penting dalam menjaga keberlanjutan dan pertumbuhan perusahaan makanan di pasar yang kompetitif.

References

Adib, N., & Abdul Ghofar. (2021). Investasi Saham: Konsep Dasar dan Kiat Praktis Dalam Berbisnis Saham. Universitas Brawijaya Press.

Ardianyah, R. W., Aslah, T., & N, R. D. (2022). Analisis Laporan Keuangan Untuk Mengukur Kinerja Keuangan (Studi Kasus Pada PT. Mayora Indah Tbk Tahun 2018-2021). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Jayakarta, 4(1), 59–72.

Arifin, J., & Sumaryono, A. (2007). Buku Kerja Berbasis Komputer Untuk Manajer Keuangan Dan Akuntan. Elex Media Komputindo.

Hasanah, N., & Lubis, W. C. (2023). Analisis Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Accumulated Journal, 5(1), 56–68.

Hidayat, W. W. (2018). Dasar-Dasar Analisa Laporan Keuangan. Uwais Inspirasi Indonesia.

Jehan Ahsha Kamilan, & Nurcholisah, K. (2022). Pengaruh Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan dan Jiwa Kewirausahaan terhadap Kinerja Operasional UMKM. Jurnal Riset Akuntansi. https://doi.org/10.29313/jra.v2i1.975

Kasmir. (2019). Analisis Laporan Keuangan. RajaGrafindo Persada.

Luvia, G., Hartono, K. S., Ong, F., & Cuandra, F. (2022). Analisis Pengaruh Manajemen Operasional PT. Indofood TBK Dengan Teori Terdahulu Sebagai Pembanding. Jurnal Mirai Management, 7(3), 32–37.

Maemunah, M., Nuryani, N. N. J., Purnamasari, E. D., & Wairisal, P. L. (2023). Manajemen Keuangan (Teori, Konsep, dan Kebijakan). Media Sains Indonesia.

Maria, V., & Maulana, A. (2022). Etika Bisnis Di Era Digital Dan Dunia It (Informasi Dan Teknologi) Dalam Perusahaan PT. Indofood Tbk. JCI Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(4), 1211–1218.

Pramono, J. (2017). Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK/MAK Kelas XII. Program Keahlian Manajemen Perkantoran. Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Penerbit Andi.

Prihadi, T. (2019). Analisis Laporan Keuangan. Gramedia Pustaka Utama.

Putra, I. G. S., Affandi, H. A. A., Purnamasari, L., & Sunarsi, D. (2021). Analisis Laporan Keuangan. Cipta Media Nusantara.

Putri, N. H., & Rosdiana, Y. (2021). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan selama Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Akuntansi, 92–99.

Riesmiyantiningtias, N., & Siagian, A. O. (2020). Analisis Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan Pada PT. Midi Utama Indonesia Tbk. Jurnal Akrab Juara, 5(4), 244–254.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Sugiono, A., & Untung, E. (2008). Panduan Praktis Dasar Analisa Laporan Keuangan Pengetahuan Dasar Bagi Mahasiswa Dan Praktisi Perbankan. Grasindo.

Wildan Bani Adam, Pupung Purnamasari, & Rudy Hartanto. (2022). Pengaruh Kondisi Keuangan, Kompleksitas Operasi dan Umur Perusahaan terhadap Audit Report Lag. Jurnal Riset Akuntansi. https://doi.org/10.29313/jra.v2i2.1495

Yasin, M., Rimawan, M., & Huda, N. (2022). Pengaruh Sales Growth Dan Firm Size Terhadap Nilai Perusahaan Pada PT. Mayora Indah Tbk. Journal Transformation of Mandalika, 3(2), 5–18.

Downloads

Published

2023-12-23