Pengaruh Perputaran Aset dan Likuiditas terhadap Profitabilitas

Authors

  • Tia Saptianti Agustina Akuntansi, Universitas Islam Bandung
  • Helliana Akuntansi, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jra.v3i1.1763

Keywords:

Likuiditas, Perputaran Aset, Probitabilitas

Abstract

Abstrak. Profitabilitas merupakan suatu proses untuk melihat seberapa besar investasi yang telah ditanamkan yang mana memberi keuntungan sesuai dengan yang diinginkan. Investasi tersebut sesungguhnya sama dengan aset perusahaan yang ditanamkan atau ditempatkan, kemuadian di kenal dengan ROA yang dapat dipengaruhi oleh elemen-elemen seperti perputaran aset, likuiditas, perpuratan persedian dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh total assets turn over terhadap profitabilitas serta untuk mengetahui pengaruh current ratio terhadap profitabilitas. Penelitian ini dilakukan pada sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2019 – 2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Verifikatif Deskriptif dengan pendekatan kuantitatif  dengan menggunakan metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil analisis dari penelitian ini adalah total assets turn over dan current ratio berpengaruh secara simultan terhadap profitabilitas. Sedangkan analisis secara parsial menunjukkan hanya current ratio, yang berpengaruh terhadap profitabilitas sedangkan untuk  total assets turn over tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas.

 

Abstract. Profitability is a process to see how much investment has been invested which gives the desired profit. This investment is actually the same as the company's assets invested or placed, then known as ROA which can be influenced by elements such as asset turnover, liquidity, inventory balance and others. This study aims to determine the effect of total assets turnover on profitability and to determine the effect of the current ratio on profitability. This research was conducted in the food and beverage sector listed on the IDX in 2019 – 2021. The research method used in this research is the Descriptive Verification method with a quantitative approach using the analytical method used is multiple linear regression, F test and t test. The results of the analysis of this study are total assets turnover and current ratio simultaneously affect profitability. While the partial analysis shows that only the current ratio has an effect on profitability, while total assets turnover does not have a significant effect on profitability.

References

Adria, C., & Susanto, L. (2020). Ukuran Perusahaan, dan Perputaran Total Aset terhadap Profitabilitas. Jurnal Multiparadigma Akuntansi Tarumanagara, 2(1), 393–400.

Cahyasari, D. (2022). Analisis Likuiditas Dan Aktivitas Terhadap Profitabilitas Pada PT. United Tractors Tbk. (Kondisi Pandemi Covid-19). Jurnal British, 2(2), 56–67.

Choiri, U. (2022). Analisis Pengaruh Risiko Sistematis, Inflasi, Nilai Tukar, dan Suku Bunga Terhadap Kinerja Perbankan (Studi Kasus pada Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021) [Universitas Islam Malang]. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3955

Hantono. (2017). Konsep Analisa Laporan Keuangan dengan Pendekatan Rasio dan SPSS. Deepublish.

Harahap, S. S. (2009). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan (1st ed.). Pt. Raja Grafindo Persada.

Kasmir. (2011). Analisis Laporan Keuangan (4th ed.). Pt. Raja Grafindo Persada.

Maryani, Y. (2019). PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL KEUANGAN PERUSAHAAN DAN INFORMASI NON AKUNTANSI TERHADAP TINGKAT YIELD OBLIGASI (Studi pada Perusahaan Perbankan Sektor Bank Umum Swasta Nasional Devisa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018 berdasarkan PEFIN. Universitas Pasundan.

Muslih. (2019). Pengaruh Perputaran Kas Dan Likuiditas (Current Ratio) Terhadap Profitabilitas (Return on Asset). License Jurnal KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 11(1), 47–59.

Priatna, H., & Aswiani, R. (2017). Pengaruh Perputaran Persediaan dan Perputaran Kas terhadap Profitabilitas. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 12(April), 55–64.

Rajagukguk, Y. N., Winerungan, R., & Hermanto, B. (2021). Pengaruh Perputaran Aktiva dan Solvabilitas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Tekstil dan Garmen Yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 - 2019. Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.53682/mk.v2i1.806

Riyanto, B. (2010). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. BPPE.

Silvia, D., & Sari, M. S. (2018). Pengaruh Rasio Likuiditas Terhadap Profitabilitas pada PT. Mustika Ratu,Tbk. Akademi Akuntansi Dan Manajemen, 203–210.

Suriyani, A. I. (2022). Pengaruh Rasio Likuiditas dan Rasio Aktivitas terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Utami, Y., & Rudianto. (2020). Pengaruh Earning Per Share (EPS Dan Debt To Equity Ratio (DER) Terhadap Harga Saham. JCA Ekonomi, 1(1), 304–318. https://doi.org/10.46306/ncabet.v1i1.24

Downloads

Published

2023-07-18