Pengaruh Literasi Keuangan dan Penerapan E-commerce terhadap Kinerja UMKM
DOI:
https://doi.org/10.29313/jra.v2i2.1331Keywords:
Literasi Keuangan, Penerapan E-Commerce, Kinerja UMKMAbstract
Abstract.
The main purpose of this study was to determine the influence of Financial Literacy and E-commerce Implementation on MSME Performance in Cianjur and West Bandung Regency. The study was used 50 data of MSME owners and managers in Cianjur and West Bandung Regency whose focus on the field of traditional food. The method used in this study is verification method with a quantitive approach. Data collection techniques in this study using a questionnaires. Validity and reliability techniques are used to test the consistency of the indicators and analytical techniques. In conducting the research, the researcher used multiple linear regression analysis. The results of this study indicate an influence between Financial Literacy and E-commerce Implementation with MSME Performance. It is recommended for the government to conduct socialization and conduct training to improve financial literacy and the application of E-commerce for MSME owners and managers to improve their performance so that they are able to compete and survive in their business in the era of technology.
Abstrak. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Literasi Keuangan dan Penerapan E-commerce terhadap Kinerja UMKM di Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini menggunakan 50 data pemilik dan pengelola UMKM di Kabupaten Cianjur dan Bandung Barat yang fokus pada bidang makanan tradisional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik validitas dan reliabilitas digunakan untuk menguji konsistensi indikator dan teknik analisis. Dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh antara Literasi Keuangan dan Penerapan E-commerce terhadap Kinerja UMKM. Disarankan kepada pemerintah untuk melakukan sosialisasi dan melakukan pelatihan guna meningkatkan literasi keuangan dan penerapan E-commerce bagi pemilik dan pengelola UMKM untuk meningkatkan kinerjanya sehingga mampu bersaing dan bertahan dalam bisnisnya di era teknologi.
References
(DJKN), D. J. K. N. (2016). Pemulihan Ekonomi Nasional Dimulai dari UMKM. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-sumut/baca-artikel/13495/Pemulihan-Ekonomi-Nasional-Dimulai-dari-UMKM.html
Amstrong, G., & Kotler, P. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta : Prenhallindo.
Ardianto, H., Hawa, K., Khasanah, M., & Anggraeni, V. D. (2015). Laporan Umum Praktik Kerja Lapangan PT. Indo Acidatama Tbk, Kemiri, Kebakkramat, Karanganyar. Yogyakarta : POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN.
Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). (2017). Upaya Pemerintah Untuk Memajukan UMKM Indonesia. https://www.bkpm.go.id/id/publikasi/detail/berita/upaya-pemerintah-untuk-memajukan-umkm-indonesia
Hanum, A. N., & Sinarasri, A. (2017). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi E-commerce dan Pengaruhnya terhadap Kinerja UMKM (Studi Kasus UMKM di Wilayah Kota Semarang). Maksimum Media Akuntansi, 8(1), 1–15.
Katadata. (2021). Kontribusi UMKM terhadap Ekonomi Terus Meningkat. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/13/kontribusi-umkm-terhadap-ekonomi-terus-meningkat
Lusardi, A. (2012). Numeracy, Financial Literacy, and Financial Decision-Making. 5(1). https://scholarcommons.usf.edu/numeracy?utm_source=scholarcommons.usf.edu%2Fnumeracy%2Fvol5%2Fiss1%2Fart2&utm_medium=PDF&utm_campaign=PDFCoverPages
Ningtyas, P. K., Sunarko, B., & Jaryono. (2015). Analisis Faktor yang Mempengaruhi E-commerce dan Pengaruhnya terhadap Kinerja UMKM. Performance : Business & Management Journal, 21(1).
Octavia, A., Indrawijaya, S., Sriayudha, Y., Heriberta, Hasbullah, H., & Asrini. (2020). Impact on E-commerce Adoption on Entrepreneurial Orientation and Market Orientation in Business Performance of SMEs. Asian Economic and Financial Review, 10(5), 516–525.
Sajuyigbe, A. S., Odetayo, T. A., & Adeyemi, A. Z. (2020). Financial Literacy and Financial Inclusion as Tools to Enhance Small Scale Businesses’ Performance in Southwest, Nigeria. Finance & Economics Review, 2(3), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.38157/finance-economics-review.v2i3.164
Yanti, W. I. P. (2019). Pengaruh Inklusi Keuangan dan Literasi Keuangan terhadap Kinerja UMKM di Kecamatan Moyo Utara. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37673/jmb.v2i1.305