Pengaruh Literasi Keuangan dan Penggunaan Media Sosial terhadap Kinerja UMKM
DOI:
https://doi.org/10.29313/jra.v2i2.1279Keywords:
Literasi Keuangan, Penggunaan Media Sosial, Kinerja UMKMAbstract
Abstract. The city of Bandung is one of areas that has potential for the development of small and medium industries in West Java. The city of Bandung is one of cities dubbed as a city with culinary heaven. The rate of economic growth as well as changes in technology and industry have an impact on human life, especially in today's business world. Culinary is one type of business that in recent years has been used as a business field for entrepreneurs, one of which is a coffee shop. The researcher took the research object in the coffee shop business unit in the X sub-district. The purpose of this study is to determine the effect of Financial Literacy and the Use of Social Media on MSME Performance. The objects that become variables in this study are Financial Literacy, Use of Social Media, and MSME Performance. The subject of this research is the owner/manager of the Coffee Shop in X District. Data collection was carried out using a questionnaire. Hypothesis testing using multiple regression analysis. The results of hypothesis testing show that financial literacy and use of social media affect the performance of MSMEs.
Abstrak. Kota Bandung merupakan salah satu daerah yang berpotensi untuk berkembangnya industri kecil menengah di Jawa Barat. Kota Bandung merupakan salah satu kota yang dijuluki sebagai kota dengan surga kuliner. Laju pertumbuhan ekonomi serta perubahan teknologi dan industri berdampak pada kehidupan manusia khususnya dalam dunia bisnis saat ini. Perkembangan dunia usaha yang salah satunya ditandai dengan banyaknya para pelaku bisnis yang mencoba bisnis kuliner. Kuliner merupakan salah satu jenis usaha yang beberapa tahun terakhir dijadikan sebagai ladang usaha bagi para pengusaha, salah satunya adalah warung kopi. Peneliti mengambil objek penelitian pada unit usaha Coffee Shop yang ada di Kecamatan X. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Literasi keuangan dan Penggunaan Media Sosial terhadap Kinerja UMKM. Objek yang menjadi variabel dalam penelitian ini adalah Literasi keuangan, Penggunaan Media Sosial, dan Kinerja UMKM . Subyek penelitian ini adalah pemilik/pengelola Coffee Shop di Kecamatan X. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa literasi keuangan dan penggunaan media sosial berpengaruh terhadap kinerja UMKM.
References
Aribawa, D. (2016). Pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja dan keberlangsungan UMKM di Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis, 20(1). https://doi.org/https://doi.org/10.20885/jsb.vol20.iss1.art1
Aufar, A. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UMKM (Survei Pada Perusahaan Rekanan PT. PLN (Persero) di Kota Bandung). https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3060
Desfika, T. S. (2019). UMKM Masih Minim Manfaatkan Medsos. Berita Satu. https://www.beritasatu.com/ekonomi/537673/umkm-masih-minim-manfaatkan-medsos
Fransiska, Q. (2022). MEMBANGUN IDENTITAS MASYARAKAT PAPUA DALAM KERANGKA SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOAL’S MELALUI PENINGKATAN LITERASI KEUANGAN DAN LITERASI FINANSIAL TEKHNOLOGI TERHADAP PENINGKATAN KINERJA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM). JUMABIS (JURNAL MANAJEMEN & BISNIS), 6(2), 96–103. https://doi.org/https://doi.org/10.55264/jumabis.v6i2.90
Hadyan, T., Nurleli, & Anandya, A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja UMKM. Bandung Conference Series: Accountancy Universitas Islam Bandung, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.29313/bcsa.v2i2.4588
Imratussoleha, L. (2021). PENCATATAN LAPORAN KEUANGAN PADA USAHA KECIL [SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA JAKARTA]. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/2832
Khatulistiwa, D. P. (2021). Anteseden Penggunaan Media Sosial Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Pada Usaha Mikro Dan Kecil (UMK) Di Kota Bontang Provinsi Kalimantan Timur. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33359
Nua, F. (2019). UMKM RI Masih Tertinggal dari Negara Lain. Media Indonesia : Ekonomi. https://mediaindonesia.com/ekonomi/277917/umkm-ri-masih-tertinggal-dari-negara-lain
Rodriguez, M., Ajjan, H., & Peterson, R. M. (2016). Social Media in Large Sales Forces: An Empirical Study of the Impact of Sales Process Capabillity and Relationship Performance. Journal of Marketing Theory and Practice, 24(3), 365–379. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1080/10696679.2016.1170538
Sari, E. V. (2016). BI : Tingkat Literasi Keuangan Rendah untuk UMKM. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20160601171206-78-135137/bi-tingkat-literasi-keuangan-pelaku-umkm-rendah
Sukri, & Arisandi, D. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Dengan Media Sosial Produk Kuliner Usaha Kecil dan Menengah di Pekanbaru. Jurnal Buana Informatika, 8(4). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24002/jbi.v8i4.1447
Suryandani, W., & Muniroh, H. (2020). Literasi Keuangan dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UMKM Batik Tulis Lasem. Fokus Ekonomi Jurnal Ilmiah Ekonomi, 15(1). https://doi.org/https://doi.org/10.34152/fe.15.1.65-77
Wardi, Y., & Susanto, P. (2015). Analisis Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Perusahaan: Studi Empiris Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Di Sumatera Barat. Seminar Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (SNEMA). http://repository.unp.ac.id/id/eprint/15220
Wulandari, R. (2019). PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN INKLUSI KEUANGAN TERHADAP KINERJA UMKM (Studi Kasus Pada UMKM PROVINSI DKI JAKARTA) [UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/49962/1/ROSSY WULANDARI-FEB.pdf