Pengaruh Corporate Social Responsibility (Csr) Pt. Lintas Marga Sedaya Terhadap Pembentukan Citra Perusahaan Pada Masyarakat Sekitar Tol Cipali
DOI:
https://doi.org/10.29313/jikom.v2i2.4613Abstract
ABSTRACT
Corporate image is how the public receives external communications effort through an organization that serve as the public response to the overall offering by the company and is defined as the number of beliefs, ideas and the public image of a company / organization. This research aimed to to describe and analyze the influence of corporate social responsibility (CSR) toward corporate image of PT. Lintas Marga Sedaya to community around Tol Cipali. This research is an explanatory survey research. Variabel in this study is Environment (X1), charity (X2), urban development (X3), local business investment (X4) , employee orientation, (X5), knowledge (Z1), perception (Z2), Motivation (Z3) emotion (Z4), and Corporate Image (Y). The population in this research is the community who lived around Tol Cipali The. Selection of the sample with cluster random sampling method. The analysis used is path analysis (path analysis). The results showed, 1) local business investment (X4), employee orientation (X5) positive and significant effect to corporate image (Y). 2) Environment (X1), Charity (X2), urban development (X3) didn’t have significant effect to corporate image (Y). 3) Environment (X1), charity (X2), urban development (X3), local business investment (X4) , employee orientation, (X5), knowledge (Z1), perception (Z2), Motivation (Z3) emotion (Z4), simultanly effect to corporate image (Y).
ABSTRAK
Citra Perusahaan adalah bagaimana masyarakat menerima upaya komunikasi ekternal melalui sebuah organisasi yang berfungsi sebagai respon publik terhadap kegiatan yang diakukan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh Corporate social responsibility (CSR) PT. Lintas Marga Sedaya terhadap pembentukan citra perusahaan pada masyarakat sekitar Tol Cipali. Penelitian ini merupakan penelitian survey eksplanatori. Variabel dalam penelitian ini yaitu Perlindungan Lingkungan (X1), Kerja Amal (X2), Pengembangan Perkotaan (X3), Investasi pada Bisnis Lokal (X4), Proyek Karyawan Beorientasi (X5), Pengetahuan (Z1), Persepsi (Z2), Motif (Z3), dan Emosi (Z4) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Citra Perusahaan (Y), dengan populasi yaitu masyarakat yang tinggal sekitar tol Cipali dengan teknik sampling yaitu cluster random sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis jalur. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) Investasi bisnis lokal (X4), proyek karyawan berorientasi (X5) berpengaruh scara signifikan terhadap citra perusahaan (Y). 2) perlindungan lingkungan (X1), kerja amal (X2), pengembangan perkotaan (X3) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap citra perusahaan (Y). 3) Perlindungan Lingkungan (X1), Kerja Amal (X2), Pengembangan Perkotaan (X3), Investasi pada Bisnis Lokal (X4), Proyek Karyawan Beorientasi (X5), Pengetahuan (Z1), Persepsi (Z2), Motif (Z3), dan Emosi (Z4) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Citra Perusahaan (Y).