Penyajian Pesan Iklan Wedding Syar’i di Instagram
DOI:
https://doi.org/10.29313/jikom.v1i1.2632Abstract
ABSTRACT: This research is entitled Presentation of Wedding Syar'i Advertising Messages on Instagram (a case study on the wedding service provider account @Azzahra.wo). The focus of research on, "How to display Wedding Syar'i Azzahra advertisements on Instagram on the @Azzahra.wo account", which aims to find out: 1). How to order advertisements on Wedding Syar'i Azzahra on Instagram? 2). How is the management of Instagram features at the Azzahra Syar'i Wedding? 3). Why did Azzahra's Wedding Organizer choose the Syar'i concept as the identity of the wedding service provider? The research method used in this research is qualitative with a case study approach and the paradigm used is the constructivism paradigm. The research was conducted using the observation method and field interviews. Research results obtained 1). Message Ad Azzahra :Conveying information about pre- and post-marriage with the procedures taught in the hadiths, the opinions of the scholars and the Koran, as well as the information conveyed following the times/trends on Instagram. 2). Management of Intsagram features at Azzahra's Syar'i Wedding: Azzahra formed 2 programs to manage his features, namely the Ads Program (a form of managing paid features on the Instagram service) and the Organic Program (a form of managing unpaid features on the Instagram service) 3). Azzahra's wedding organizer chose the Syar'i concept as the identity of the wedding service provider: Azzahra wanted a different concept because the syar'i/islamic concept is relatively rarely found in wedding service providers in general, Azzahra wanted to show the syar'i concept with a modern nuance, and Azzahra's event for business and preaching.ABSTRAK: Penelitian ini berjudul Penyajian Pesan Iklan Wedding Syar’i di Instagram (studi kasus pada akun Penydia Jasa pernikahan @Azzahra.wo). Fokus penelitian mengenai, “Bagaimana penyajian iklan Wedding Syar’i Azzahra di Instagram pada akun @Azzahra.wo”, yang bertujuan untuk mengetahui: 1). Bagaimana pesan iklan pada Wedding Syar’i Azzahra di Instagram? 2).Bagaimana pengelolaan fitur Instagram pada Wedding Syar’i Azzahra? 3). Mengapa Wedding Organizer Azzahra memilih konsep Syar’i sebagai identitas penyedia jasa pernikahan? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus dan Paradigma yang digunakan adalah paradigma Konstruktivisme. Penelitian dilakukan dengan metode Observasi dan dan juga wawancara dilapangan. Hasil penelitian yang di dapatkan 1). Pesan Iklan Azzahra :Menyampaikan informasi mengenai pra dan pasca pernikahan dengan tata cara yang diajarkan pada hadist-hadist, pendapat para ulama dan Al-Qur’an, serta informasi yang disampaikan mengikuti perkembangan zaman/tren di Instagram. 2). Pengelolaan fitur Intsagram pada Wedding Syar’i Azzahra: Azzahra membentuk 2 program untuk mengelola fiturnya yaitu Program Ads (bentuk pengelolaan fitur berbayar pada layanan Instagram) dan Program Organik (bentuk pengelolaan fitur tidak berbayar pada layanan Instagram) 3). Wedding Organizer Azzahra memilih konsep Syar’i sebagai identitas penyedia jasa pernikahan: Azzahra menginginkan konsep yang berbeda karena konsep syar’i/islamic terbilang jarang ditemukan pada penyedia jasa pernikahan pada umumnya, Azzahra berkeinginan menunjukkan konsep syar’i yang bernuansa modern, dan ajang Azzahra untuk berbisnis serta berdakwah.